Jokowi Siap Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Corona

0
140

INAPOS JAKARTA-¬†Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap menjadi orang pertama disuntik vaksin virus corona (Covid-19). Namun, hal itu akan dilakukannya apabila ada keputusan dari tim kesehatan. “Ya, kalau saya nanti diputuskan bahwa yang pertama disuntik Presiden, ya saya siap,” ujar Jokowi Senin (16/11/2020) malam kepada media.

Jokowi juga berpesan bahwa jika dirinya menjadi yang pertama disuntik vaksin, jangan ada polemik di masyarakat.

“Ya, kalau saya sudah ditentukan oleh tim bahwa Presiden yang pertama, saya siap. Tapi jangan sampai nanti ‘lho enak sekali Presiden yang pertama, harusnya rakyat dulu’, jangan seperti itu,” tutur Jokowi lantas tersenyum.

Lebih lanjut, Jokowi juga telah mengantongi kelompok masyarakat yang akan diprioritaskan mendapat suntik vaksin pertama kali.

Pertama, para tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat. Kemudian, anggota TNI dan Polri juga didahulukan. Selanjutnya pelayan publik, ASN di tempat-tempat yang menyangkut pelayanan pada masyarakat juga diprioritaskan.

“Selain itu, guru juga sama didahulukan. Kita sudah punya list kok, siapa-siapa yang disuntik dan di lokasi mana. Nanti minggu depan, insya Allah kita sudah mulai simulasi, minggu depan,” sambungnya.

Jokowi menuturkan bahwa vaksinasi akan dilakukan akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021. “Ya. nanti kita lihat. Jadwalnya masih sesuai skedul,” terangnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa pihaknya tidak ingin tergesa-gesa memberikan vaksin ke masyarakat.¬†“Harus hati-hati betul, harus melalui tahapan-tahapan sesuai dengan standar WHO, sesuai kaidah-kaidah saintifik, masuk Indonesia juga harus melewati tahapan BPOM. Harus itu,” tegasnya. (Red)