Jokowi : Kebhinekaan Memperkokoh Negara Indonesia

0
212

INAPOS, KOTA CIREBON. – Presiden Republik Indonesia Ir.  Joko Widodo secara resmi menutup Festival Keraton Nusantara (FKN)  XI 2017 Kota Cirebon, di Taman Gua Sunyaragi. Selasa (18/9) malam. 

Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno dan rombongan tiba di Taman Gua Sunyaragi pada pukul 19:45 Wib dan langsung disambut raja dan ratu se Nusantara.
Dalam sambutannya Presiden RI ke Tujuh tersebut mengatakan negara kita memiliki jejak sejarah yang besar dan gemilang, sejarah mencatat kebesaran kerajaan kerajaan dari sabang sampai merauke mewariskan kepada kita bukan hanya nilai adiluhung tetapi juga mewariskan cipta dan karya seni budaya, naskah naskah kuno dan aset aset budaya lainnya yang tak ternilai harganya.
Keraton juga sebagai pusat budaya, keluarga keraton harus mampu berperan penting dalam menjaga tradisi dan nilai nilai luhur sejarah. Keraton juga berperan penting dalam memperjuangkan republik karena historis ini kita harus menjaga bersama pemerintah harus menata diri menyesuaikan dengan perkembangan jaman tetapi tetap memegang kemudi memegang tradisi dan budaya.
Ia berharap Festival Keraton Nusantara ini bukan semata mata hanya untuk menyemarakkan ajang wisata daerah tetapi juga digunakan untuk mengukuhkan kontribusi keraton keraton Nusantara bagi kemajuan bangsa dan negara ini.
“Saya titip kepada para raja, sultan, kerabat dan yang lainnya untuk menjaga persatuan, menjaga kerukunan, menjadi perekat kebhinekaan serta memperkokoh Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini”. Tutupnya.
Penutupan gelaran Festival Keraton Nusantara (FKN)  XI tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Presiden yang didampingi Mensesneg Pratikno, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Sultan Sepuh PRA. Arief Natadiningrat, SE dan Walikota Cirebon Nasrudin Aziz, SH. (Kris)


Komentar Anda?