Jelang Pilkada Butur, Aparat Keamanan Gelar Apel Kebangsaan

0
211

INAPOS, BUTUR — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menyisakan lima hari lagi, Apel Kebangsaan Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak 9 Desember 2020 di Kabupaten Buton Utara (Butur) digelar, Jum’at (4/12/2020) di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Butur.

Apel Kebangsaan yang dipimpin Langsung oleh Pj Sekda Butur, Burhanuddin, diikuti unsur Forkopimda, Linmas,Tagana dan ASN Lingkup Pemda setempat.

Burhanuddin menyampaikan beberapa hal penting terkait tugas, fungsi dan peran aparat keamananan termasuk Linmas guna mensukseskan pemilu. Semua lapisan bertanggung jawab penuh guna terciptanya sistem demokrasi yang aman, jujur dan adil.

“Penyelenggaraan Pilkada ini harus menjadi tanggung jawab kita semua. Damai tentu kita harapkan karena ini adalah kontestasi untuk memilih pemimpin yang amanah. Mengantarkan “Tanah Lipu Tinadeakono Sara” ini menjadi lebih maju, aman, adil dan sejahtera. Sehingaa tercipta suatu tujuan pembangunan yakni kesejahteraan sosial untuk seluruh masyarakat khususnya warga Butur,” ujar Eks Kadis ESDM Prov Sultra ini sembari meminta agar pendukung Pasangan Calon (Paslon) nomor urut 01, 02 maupun 03 benar benar memahami bahwa pesta demokrasi saat ini harus berjalan sesuai harapan. Tetap menjaga stabilitas kerukunan masyarakat antar desa, kelurahan dan kecamatan.

Masih menurut Burhanuddin bahwa Pilkada sehat harus terus diterapkan agar mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sehat dalam artian agar setiap aktivitas kita selalu berdasarkan atau mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes). Kita ketahui bersama saat pencoblosan masyarakat berbondong bondong hadir menentukan pilihannya. Tugas kita sebagai aparat pemerintah terus memberikan mitigasi tanpa merasa bosan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di butur ini,” pintanya.

Ia berharap agar seluruh stakeholder dan aparat keamanan TNI/POLRI maupun Linmas menjadi tulang punggung terselenggaranya pilkada yang aman, damai dan sehat.

“Saya berharap Linmas berperan aktif diseluruh pesolok Kab. Butur. Sebab Linmas merupakan perangkat kunci yang dapat mengetahui kondisi lingkungan sekitarnya,” harap Burhanuddin.

Selain itu dirinya berharap pula agar Linmas dapat bekerja sama dengan pihak Kodim 1429 dan Polres Butur. Menciptakan kesatuan dan persatuan terutama dibutur.

“Semoga butur tetap aman dan kondusif hingga saat terpilih dan ditetapkan pemimpin baru. Suasana tetap kondusif seperti yang kita saksikan sekarang. Kita tingkatkan kewaspadaan, kita jaga persaudaraan kita, tetap jaga prokes,” tutupnya.(Asman).