Jelang Natal -Tahun Baru, Kolinlamil Sosialisasikan Keselamatan Pelayaran

0
128

JAKARTA, INAPOS – Menjelang libur  Natal dan  Tahun Baru, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) bersama dengan dengan instansi maritim terkait menggelar sosialisasi keselamatan pelayaran. Kegiatan yang dilaksanakan di Dermaga Kanuri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, tepatnya di atas Kapal Negara KN Trisula P111, Sabtu (15/12).

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggandeng Pangkalan KPLP Tanjung Priok, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Muara Angke dan Kepulauan Seribu.

Kolinlamil bersinergi dengan 3 instansi maritim sebagai bentuk implementasi pelaksanaan tugas pembinaan angkutan laut nasional (anglanas) Kolinlamil. Dalam kesempatan ini kegiatan yang dilakukan adalah mensosialisasikan keselamatan pelayaran kepada awak dan penumpang kapal-kapal angkutan tradisional yang membawa penumpang dari muara angke menuju pulau seribu dan sebaliknya.
Tujuan utama dari sosialisasi keselamatan ini agar kejadian kecelakaan di laut dapat diminimalisir dan korban jiwa dapat dihindari.

Seperti dikatakan perwira Staf Potensi Maritim Kolinlamil yang turut dalam kegiatan Letkol Laut (KH) Subarja, S.Tp. yang mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mensosialisasikan keamanan laut kepada awak maupun penumpang kapal terutama yang beroperasi di Muara Angke apalagi menjelang libur natal dan tahun baru.

Dalam kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran ini disampaikan beberapa hal antara lain kelaikan track pelayaran, kelengkapan dokumen kapal, serta keselamatan navigasi dan prosedur komunikasi. Selain itu juga dilakukan drill atau latihan penanggulangan kebakaran, kebocoran, tak luput pula pengecekan kelengkapan alat-alat keselamatan seperi Life jacket atau life craft.

“Kami juga menekankan agar nakhoda kapal memperhatikan kondisi cuaca pada saat akan melaksanakan pelayaran serta mencatat nomor darurat dari instansi yang berwenang termasuk Pangkalan/Pos Angkatan Laut terdekat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut,” jelas Mayor Laut (P) Edi Irawan, S.H., M.H. perwira Spotmar Kolinlamil yang turut mensosialisasikan tentang keselamatan navigasi dan prosesur komunikasi.
(pen)


Komentar Anda?