Jangan Anggap Remeh Postingan Bule Terkait Sampah Pantai Bali

0
368

BALI, INAPOS – Sebuah postingan film pendek berjudul ‘Pantai Bali Surga Sampah’yang diunggah oleh warga negara Inggris bernama Jordan Simons melalui akun Instagram @thelifeofjord dan saat ini disukai hampir 30.800 orang itu sontak membuat berbagai pihak terperanjat terutama kalangan pencinta lingkungan hidup, bagaimana tidak, Jordan menayangkan secara visual bagaimana bertebarannya sampah-sampah di Pantai Batu Bolong, Canggu Kabupaten Badung, Bali. Hal ini sangat viral di sosial media.

 

Kepala Dinas Lingkungah Hidup dan Kebersihan (DLKH) Kabupaten Badung, Putu Eka Merthawan seperti yang dilansir dari Opini.id menyatakan bahwa hal tersebut merupakan fenomena alam akibat pergerakan Angin Monsoon Barat dari Samudera Hindia dan pihaknya telah berupaya untuk membersihkannya.

 

Di tempat terpisah, Pemerhati lingkungan hidup dan juga Tokoh Masyarakat Adat Desa Legian, I Nyoman Sarjana, M. IKom. berpendapat bahwa Postingan bule Inggris tentang Pantai di Bali yang kotor penuh sampah tersebut hendaknya jangan dianggap remeh dan hal ini merupakan cambuk agar kita selalu menjaga kebersihan pantai.

“Goverment harus menjawab dengan fakta dan segera lakukan action, Sebab memang faktanya setiap angin barat pantai kuta legian dan seminyak juga menjadi langganan dapat kiriman sampah dari luar, ini adalah sampah kiriman yg terjadi tiap tahun,” tutur Sarjana.

 

Menurutnya, Masyarakat dan pemerintah sudah selalu berusaha untuk membersihkan sampah kiriman ini, namun karena saking banyaknya maka pastilah pantai tetap kelihatan kotor.

 

Dirinya menyarankan adanya keterlibatan peran serta masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, tanamkan budaya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan lakukan terus gerakan bersih-bersih pantai seperti yang telah dilakukan Gubernur Bali, I Wayan Koster beberapa waktu lalu. (nyoman sarjana)