Iran Desak AS Cabut Semua Sanksi

0
113

TEHERAN,- Pemimpin tertinggi Iran mendesak Amerika Serikat (AS) untuk mencabut semua sanksi AS jika ingin Iran memenuhi komitmen kesepakatan nuklir dunia, demikian pemerintah Iran melalui TV pemerintah Iran pada Minggu (7/02/2021), yang merupakan komentar pemerintah Iran pertama tentang masalah tersebut sejak Presiden AS Joe. Biden mulai menjabat.

“Jika (AS) ingin Iran kembali ke komitmennya, ia harus mencabut semua sanksi dalam praktiknya, kemudian kami akan melakukan verifikasi … kemudian kami akan kembali ke komitmen kami,” demikian Ayatollah Ali Khamenei melalui TV pemerintah tersebut.

Mantan Presiden Donald Trump secara sepihak menarik AS dari kesepakatan atom pada 2018, sebagai bagian dari apa yang disebutnya tekanan maksimum terhadap Iran.

Sebagai tanggapan, Iran mulai secara bertahap melanggar komitmennya berdasarkan kesepakatan yang berusaha membatasi program nuklirnya. Para pejabat telah berulang kali menekankan bahwa negara itu tidak akan kembali mematuhi kesepakatan nuklir 2015 sampai AS mengurangi sanksi.

Meskipun Biden telah berjanji untuk bergabung kembali dengan kesepakatan itu, dia bersikeras bahwa Iran harus terlebih dahulu membalikkan langkah-langkah nuklirnya, menciptakan perselisihan keinginan antar negara.

Dalam upaya untuk meningkatkan tekanan pada pemerintahan baru, Iran telah mengancam akan memblokir inspeksi nuklir akhir bulan ini, mulai memperkaya uranium lebih dekat ke tingkat senjata dan meningkatkan latihan militernya, termasuk menembakkan rudal jelajah sebagai bagian dari latihan angkatan laut di Teluk Oman bulan lalu.

“Ini adalah kebijakan Republik Islam yang definitif dan tidak dapat diubah, dan semua pejabat negara sepakat tentang ini, dan tidak ada yang akan menyimpang darinya,” tambah Khamenei pada hari Minggu. Pemimpin tertinggi memiliki keputusan akhir tentang semua masalah kenegaraan di Iran.

Sumber : apnews.com