IRAGAS, Kalangan Milenial Lawan Covid-19

0
295

KOTA CIREBON.- Guna ikut membantu upaya Pemerintah Daerah Kota Cirebon dalam memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 atau virus Corona. Beberapa kalangan mulai dari lembaga pemerintahan, swasta ikut terjun langsung berpartisipasi.

Kalangan milenial yang mengatasnamakan dirinya Ikatan Remaja Galunggung Asih (IRAGAS) yang berada di RW 15 Galunggung Asih Kelurahan Kecapi Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon secara sukarela ikut membantu menjaga wilayahnya dari penyebaran wabah Covid-19.

Ketua IRAGAS, Abdurrohman mengatakan, ikatan remaja tersebut dibentuk dengan sukarela dan ide dari para remaja diwilayahnya. Untuk mendarma baktikan diri membantu kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona diwilayahnya.

“Ini dibentuk secara sukarela ide dari remaja. Kami mempunyai pengalaman diberbagai kegiatan kampung. Dan saat ini waktunya untuk menjaga kampung dari sebaran virus Corona,” ujarnya kepada inapos, Sabtu (9/5/20).

Abdurrohman menjelaskan, para remaja yang ikut tergabung dalam IRAGAS sebanyak 29 orang. Mereka bertugas menempati tiga pos yang sudah disediakan untuk mendata masuknya pengunjung dari luar daerah.

“Dalam satu pos kami tempatkan 3 sampai 5 orang dan dibagi dalam 2 shift,” jelasnya.

Para remaja lanjut dia, sudah mendapatkan arahan tentang protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona di wilayah Galunggung Asih.

“Di setiap pos sudah disediakan alat pengatur suhu, tempat cuci tangan dan handsanitaser serta
Disinfektan. Nantinya mereka akan meminta para pengunjung dari luar untuk mengikuti protokol kesehatan yang sudah menjadi aturan pemerintah,” terangnya.

Ia berharap cikal bakal para remaja ini bisa terus dilakukan di kegiatan – kegiatan lainnya. “Kalau kegiatan remaja hidup, kampung pun akanwnjadi hidup,” katanya.

Sementara itu, Ketua RW 15 Galunggung Asih Duladi mengapresiasi kesadaran para remaja ditengah bulan ramadhan masih dapat membantu wilayahnya.

“Kami sebagai aparat kampung sangat berterima kasih kepada adik – adik remaja yang sudah meluangkan waktunya untuk masyarakat,” ujar Duladi.

Ia meyakini, kerja para remaja dapat meminimalisir penyebaran virus corona di wilayah Galunggung Asih.

“IRAGAS ini secara tidak langsung membantu gugus tugas penanggulangan Covid-19 di Kelurahan Kecapi,” terangnya.

Duladi berharap keikutsertaan para remaja dapat terus dilakukan di kegiatan – kegiatan Yanga da di wilayahnya dan juga ditingkat kelurahan.

“Semoga ini dapat memicu para remaja lainnya yang terus mendukung dan membantu untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (Kris)