Inilah Kecanggihan Kamera Samsung Galaxy S21 Series 5G

0
201

Samsung resmi merilis perangkat flagship terbarunya di awal tahun 2021, yakni Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G. Ketiga ponsel ini hadir dengan inovasi kamera sebagai salah satu keunggulannya.

Apalagi maraknya profesi sebagai youtuber atau vlogger menjadikan kamera sebagai fitur incaran ketika memilih smartphone. Mungkin Anda bisa menjadikan Galaxy S21 Series 5G sebagai pilihan. Karena tiga perangkat ini memiliki kamera yang berkualiatas bak kamera profesional.

Galaxy S21 5G dan S21+ 5G dibekali dengan tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera Ultrawide 12 MP, dan kamera telephoto 64 MP. Di bagian depan kedua ponsel tersebut, terdapat kamera depan beresolusi 10 MP untuk selfie.

Galaxy S21 Ultra 5G sendiri memiliki konfigurasi kamera yang terbilang lebih unggul dibandingkan Galaxy S21 dan S21+.

Perangkat ini memiliki empat kamera belakang, terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera Ultrawide 12 MP, dan dua kamera telephoto yang masing-masing beresolusi 10 MP. Untuk foto selfie perangkat “Ultra” ini mengandalkan kamera depan 40 MP.

Terdapat pula fitur-fitur unggulan dalam kamera Galaxy S21 Series 5G yang pastinya dapat menunjang aktivitas fotografi dan videografi Anda semakin berkelas.

Single Take 2.0

Untuk menunjang aktivitas fotografi, Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra dibekali dengan sejumlah fitur yang diklaim mumpuni. Di antaranya adalah Single Take 2.0.

Fitur ini untuk menghasilkan beberapa foto dan video dalam sekali jepretan. Fitur Single Take ini sebenarnya sudah diperkenalkan di Galaxy Note20 Ultra yang dirilis tahun lalu.

Di seri Galaxy S21 Series 5G, Single Take 2.0 dapat menangkap lebih banyak frame setiap detik. Fitur tersebut kini juga dapat merekam gambar sebagai klip video slow motion.

Portrait Mode

Galaxy S21 series 5G juga dapat merekam video 8K serta fitur portrait dan Night Mode yang diperbarui.

khusus untuk fitur portrait, Samsung mengklaim bahwa efek bokeh yang dihasilkan Galaxy S21 series semakin mirip dengan kamera profesional.

Menurut Samsung, ponsel ini menggunakan AI untuk melihat kedalaman tiga dimensi sehingga membuat efek bokeh yang tampak lebih alami.

Selain itu, AI juga meningkatkan kemampuan pencahayaan fitur portrait sehingga terlihat seperti diambil di bawah pencahayaan studio.

Space Zoom

Trio Galaxy S21 ini juga mendukung fitur pembesaran (zoom) digital khas Samsung, alias Space Zoom hingga 30x pada Galaxy S21 dan S21+. Dan pada Galaxy S21 Ultra memiliki Space Zoom 100x.

Samsung telah meningkatkan fitur Space Zoom di Galaxy S21 Series 5G, membuat fungsinya lebih baik dibanding Galaxy S generasi sebelumnya. Pengguna Galaxy S21+ 5G, misalnya, dapat melakukan zoom hingga 30x dengan lebih jelas dan stabil.

Semua ini dimungkinkan berkat adanya fitur Zoom Lock yang memanfaatkan teknologi AI untuk menjaga titik fokus tetap berada di tengah frame. Ini mempermudah pengguna untuk mengurangi guncangan saat mengambil foto objek dari jarak jauh.

Director’s View

Dalam hal aktivitas videografi terdapat Director’s View yang menjadi fitur kamera terbaru yang dimiliki Samsung, dan itu dipakai pertama kali di smartphone Galaxy S21 Series 5G.

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan mengaktifkan semua lensa yang ada di ponsel. Artinya, ketiga kamera belakang Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G, serta keempat kamera belakang Galaxy S21 Ultra 5G menyala.

Director’s View merekam video dan beralih sudut pandang kamera, misal dari Wide ke lensa Ultra Wide, Telephoto, atau sebaliknya. Pergantian sudut pandang ini dapat dilakukan saat pengambilan video, sehingga pengguna tidak perlu menghentikan atau pause rekamannya.

Kamera 108 MP

Sebagai smartphone varian tertinggi pada Galaxy S21 Series 5G, Galaxy S21 Ultra 5G dibekali kamera utamanya 108 MP. Dengan pixel yang lebih besar, Samsung mengklaim bahwa Galaxy S21 Ultra 5G dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk mendapatkan kualitas foto terbaik.

Kamera 108 MP di Galaxy S21 Ultra 5G dilengkapi dengan sensor terbaru 12-bit Raw Photo yang mampu menghasilkan 64x warna lebih kaya dan 3x dynamic range.

Ada pula Nona-Binning 12MP, teknologi ini yang menggabungkan sembilan pixel dalam satu pixel dengan penyerapan cahaya dua kali lipat, membuat pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya sekalipun tetap jernih dan detail.

Tak perlu diragukan lagi, Galaxy S21 Series 5G memiliki spesifikasi kamera dan performa kamera yang mumpuni. Ketiga perangkat ini bisa menjadi pilihan Anda untuk menuangkan ide-ide kreatif dalam bentuk foto atau video yang profesional.