Ini Respon Ketua DPRD Basel Terkait Dugaan Penganiayaan Polisi Oleh Anggotanya

0
32
Ketua DPRD Basel Fraksi PDI Perjuangan, Erwin Asmadi
Inapost.com Bangka Belitung – Terkait oknum DPRD Kabupaten Bangka Selatan inisial YG yang diduga melakukan tindak penganiayaan terhadap oknum Polisi yang bertugas di Polda Bangka Belitung di Terminal Kampung Keramat Kota Pangkalpinang, Sabtu (14/2/2021), malam.

Begini respon Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Erwin Asmadi Politisi dari Fraksi PDIP saat dikonfirmasi wartawan, Senin (22/02/2021) melalui pesan singkat via whatapp milik pribadinya mengatakan” Alhamdulillah bila dapat di selesaikan secara musyawarah dan kekeluargaan,, semoga kedepan dapat menjadi pelajaran bagi ybs,”katanya.

“Kepada siapapun sepatutnya jgn berlaku kasar, saling menghotmati dan menghargai dan Kepada pihak POLDA diucapkan banyak terima kasih utk dapat memediasi kasus ini sehingga tercapai kesepakatan untuk saling memaafkan,”harapnya.

Wakil ketua II DPRD Basel Fraksi Demokrat, Samson Asri Mono

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Samson Asrimono dari Fraksi Demokrat saat dikonfirmasi wartawan , Senin (22/02/2021) melalui pesan singkat via whatapp miik pribadinya mengenai kejadian tersebut dirinya menyambut baik dengan di tempuh jalan damai oleh kedua belah pihak.

“Semoga dengan kejadian ini menjadi pembelajaran buat kedua belah pihak dan kita semua,”pesan Samson Asrimono, Wakil II DPRD Basel Fraksi Demokrat.

Diketahui, Oknum DPRD Kabupaten Bangka Selatan, YG, dari Fraksi Partai Gerindra tersiar kabar pada hari minggu (21/02/2021) kembali mendatangi Mapolda Bangka Belitung.

Disampaikan oleh Oknum DPRD Basel, YG kepada wartawan, Minggu (21/02/2021) melalui pesan singkat via whatapp pribadi saat dikonfirmasi wartawan terkait dugaan tindak penganiayaan terhadap Oknum Polisi yang bertugas di Mapolda Babel pada Sabtu Malam, Senin (14/02/2021), tersiar kabar hari ini kembali akan mendatangi Mapolda Babel.

Ditanya, Maksud dan tujuan Oknum DPRD Basel ke Polda Babel hari ini, Minggu (21/02/2021), Hingga saat ini wartawan belum menerima jawaban dari yang bersangkutan. Hanya saja, Oknum DPRD Basel, YG dari Fraksi Gerindra sempat menuliskan pesan singkat kepada wartawan bahwa hari ini dirinya akan mendatangi Polda Babel.

Kemudian disinggung, Kira-kira jam brp pak dewan ke polda hari ini?

“Nanti kita kabari ya, Hbs zuhur”tulis YG kepada wartawan, Minggu (21/02/2021) melalui pesan singkat via whatapp milik pribadinya.

“Selanjutnya, tlg tanyakan lgsg ke penyidik ya Bang,” kata YG.

“Ijin, Mohon maaf bang, lgsg tanykan ke penyidik saja, mereka lebih mengetahui perkaranya,”pintanya.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Babel, Kombes Pol Budi Hermawan saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (21/02/2021), mengenai kedatangan oknum DPRD Basel,YG ke Polda Babel hari ini memang benar.

“Benar, mereka yang berselisih telah bersepakat untuk musyawarah dan sudah berdamai,”sebut Dirreskrimum Polda Babel, Kombes Pol Budi Hermawan kepada wartawan, Minggu (21/02/2021), melalui pesan singkat via whatapp milik pribadinya.

Sebelumnya, Pemeriksaan terhadap YG dilakukan penyidik Polda Babel dari pagi hingga sore. Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Bangka Selatan itu dilaporkan oleh anggota polisi atas dugaan kekerasan yang dialaminya di Terminal Kampung Keramat Kota Pangkalpinang, Sabtu (14/2/2021), malam.

Sedangkan, Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Babel, Kombes Pol Budi Hermawan membenarkan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap terlapor dalam dugaan kekerasan tersebut. Selain memeriksa terlapor, penyidik juga memeriksa sejumlah saksi yang saat itu berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Benar YG sudah kita periksa dalam rangka penyelidikan. Saat ini kita juga masih memeriksa semua saksi -saksi. Kita masih terus melakukan pendalaman,” tegas Budi Hermawan dikonfirmasi wartawan melalui pesan WhatsApp, Kamis (18/2/2021).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bangka Selatan, Sopian AP juga mengatakan yang bersangkutan sangat tertutup pasca adanya kejadian tersebut.

“Kami belum tau persis apa yang terjadi terhadap Yogi ini karena dia sangat tertutup dan kami dari partai juga tidak tahu apa penyebabnya,” kata Sopian.

“Sikap tertutup ini apakah kesepakatan mereka dalam artian tidak ada masalah ataukah ada hal – hal lain, nah ini yang kita tidak tahu,” tambah Sopian.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berupaya menghubungi YG beberapa hari terakhir. Bahkan ia sempat menyusul YG ke Mapolda Babel saat akan dilakukan pemeriksaan oleh polisi.
Sudah beberapa hari ini saya pengen ketemu, sampai kemarin (Rabu-red) saya menyusul ke Polda Babel setidaknya pengen tahu bagaimana keadaanya. Tapi sayang tidak berhasil ,”terangnya.(M)