Ini Komitmen Pertamina Salurkan Program Keanekaragaman Hayati

0
111

KARAWANG, inapos.com – PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Cikampek, sebagai perusahaan yang termasuk
dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan mengusung tata nilai korporat yang telah dimiliki dan dipahami oleh seluruh unsur perusahaan, yaitu Clean, Competitive, Confident, Customer-focused, Commercial dan Capable berkomitmen untuk melakukan kegiatan
Corporate Social Responsibility (CSR).

Program Keanekaragaman Hayati menjadi salah satu aspek yang menjadi bagian dari
komitmen PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Cikampek untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan.

Salah satu bentuk komitmen tersebut, menurut Fuel Terminal Manager, Abdul Wahid Nayu menjelaskan, dengan secara konsisten setiap tahun melaksanakan kegiatan penghijaun lahan kritis atau non produktif di berbagai lokasi yang amsih mencangkup area operasi Fuel Terminal Cikmapek.

“Pada periode September 2020 ini, Program Keanekaragaman Hayati menyasar area DAS (Daerah Aliran Sungai) Sungai Citarum yang berlokasi di Sektor 16 Karawang,” katanya, kepada wartawan, Jumat (25/09).

Permasalahan kerusakan di area DAS Sungai Citarum, lebih lanjut Abdul menyebutkan, menjadi perhatian besar pemerintah dengan bukti dikeluarkannya Peraturan Presiden No 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

Oleh karenanya, kata dia, Peran PT Pertamina (Persero) Fuel Terminal Cikampek bekerjasama dengan Tim Satuan Tugas Citarum Harum, dan Kelompok masyarakat binaan dalam upaya Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, diwujudkan dengan terselenggaranya beberapa program.

“Salah satunya yaitu penanaman pohon pola multy purpose tree species di lahan DAS (Daerah Aliran Sungai) Sungai Citarum sektor 16 karawang sepanjang area 2 KM yang tersebar di Desa Walahar dan Desa Curug,” jelas Wahid.

Dia juga menyebutkan, 5 species pohon yang terdiri dari Pohon Glodokan Tiang, Pohon Trembesi, Pohon Asam Jawa, Pohon Mahoni, dan Pohon Keapang Kencana. Tujuan dari dipilihnya species pohon tersebut dikarenakan pohon tersebut masuk dalam kategori tanaman keras yang dapat berfungsi menguatkan tanah untuk menahan erosi tanah pinggiran sungai dan menyerap air.

“Selain berfungsi untuk hal tersebut penanaman species tersebut juga difungsikan untuk penghijauan area, kelestarian area, mengurangi polusi dengan kemampuan serapan karbonmonoksida, sumber oksigen, dan pencegahan banjir,” pungkasnya. (den/red)