Menteri Agus Ditagih Janji Oleh Bupati Yuslih Bersama LSM dan Wartawan Beltim.

0
363

INAPOS BABEL,  Bermaksud temui Agus Suparmanto, Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza, LSM dan  Wartawan datangi Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI, Jumat (22/11/2019) siang kemarin.

Dibalik statusnya sebagai Menteri Perdagangan, Agus merupakan Direktur PT GMB Galangan Kapal lipat kajang Manggar yang terletak di Beltim. Namun, hingga saat ini Galangan Kapal itu tak beroperasi sama sekali.

Selain bersama LSM dan Wartawan, Bupati Yuslih juga didampingi OPD dan camat se- Kabupaten Beltim.

Di Kemendag, mereka melakukan rapat bersama Suharno (Dirjen perdagangan dalam negri), Sihar H Pohan (Direktur sarana distribusi dan logistik, Ketut (Direktur bina usaha dan pelaku distribusi),  Immanuel (kepala subdit pengembangan sarana distribusi), tanpa dihadiri oleh Menteri Agus Suparmanto.

Kedatangan Bupati  Yuslih Ihza, LSM dan Wartawan untuk menyampaikan satu bundel berkas serta berbagai hal terkait dengan keberadaan PT GMB, yang hingga kini belum beroperasi.

Ketua LSM Warna Indonesia, Syamsurizal dalam pertemuan mengatakan, bahwa atas kehadirannya ingin menagih janji Agus Suparmanto saat berkunjung 4 ( empat) tahun yang lalu, yang mana Menteri Perdagangan Periode 2019 ini pernah berjanji akan mengoperasikan galangan kapal lipat kajang Manggar.

“Beliau (Agus suparmanto) waktu berkunjung pernah berjanji untuk mengoperasikan Galangan Kapal Lipat Kajang didepan pengusaha besar Beltim dan juga dihadiri oleh Bupati Beltim Yuslih Ihza,” luap Syamsu dalam rapat, Jumat (22/11/2019) siang kemarin. Dengan harapan, agar janjinya Agus Suparmanto ditepati. Hingga, Syamsu berharap agar pihak Dirjen yang hadir dalam rapat dapat menyampaikan cecarannya kepada Agus Suparmanto.

Lebih lanjut, Syamsu menegaskan, kepada Agus suparmanto segera mengoperasikan galang kapal tersebut. Dibalik itu, Syamsu dengan bersama LSM lain juga wartawan akan berupaya terus bergerak mengenai keberadan PT GMB.

“Jika ( Agus suparmanto ) belum juga beroperasinya galangan kapal tersebut, kami bersama-sama masyarakat lain akan kembali datang kementrian perdagangan dengan maksud tujuan yang sama,” tegas Syamsu

Hal senada diucapkan oleh M Noor Masase,  Ia mengatakan, LSM Beltim akan terus menagih janji Agus Suparmanto.

“Kami bukan mengancam, jangan salahkan kami apabila tebarkan sepanduk besar (Dikementrian) untuk menagih janji beliau, alangkah malunya, tidak sedap dipandang apabila aset terbangkalai seperti sarang hantu,” sesal M Noor.

Sementara itu, pihak Dirjen di Kemendag RI menanggapi hal tersebut, mengatakan bahwa dirinya tidak bisa memberi keputusan, namun apirasi ini akan disampaikan kepada Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan dan sekaligus pemilik PT GMB galangan kapal.

“Sementara waktu, kami tampung  inspirasi ini, sepulang beliau dari luar negri akan kita sampai kepada beliau selaku kementrian maupun selaku pemilik PT GMB, apa adanya dan tidak kami kurangi, kami tidak mempunyai kapasitas untuk memutuskan, surat dari bapak-bapak yang sudah kami terima beberapa waktu yang lalu,”. Ujar Pihak Dirjen di Kemndag RI.

 

Penulis : IMRON L.