iKonic Indonesia Galang Dana, Bantu Anak dan Keluarga SOS Children’s Villages Indonesia

0
146

Jakarta.- Semakin meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia mendorong maraknya gerakan sosial oleh masyarakat dari berbagai kelompok. Tidak terkecuali bagi penggemar grup boyband Korea, iKon. Para penggemar Indonesia yang tergabung dalam kelompok iKonic Indonesia memiliki lebih dari 65 ribu pengikut di Instagram (@wowfaktaikon) menggunakan platform yang mereka punya untuk menggalang dana demi membantu anak-anak SOS Children’s Villages Indonesia.

SOS Children’s Villages sendiri merupakan organisasi sosial yang aktif dalam mendukung hak-hak anak dan berkomitmen memberikan pengasuhan berkualitas kepada anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua. Fokus yang diberikan adalah kebutuhan utama anak-anak, dalam bentuk keluarga dan rumah yang penuh kasih sayang. Sejak tahun 1972, SOS Children’s Villages Indonesia membangun desa ramah anak dengan 8 lokasi area kerja di Indonesia, dari Aceh hingga Maumere.

“Sekitar 1.100 anak dalam asuhan dan 4.300 anak dalam dampingan SOS Children’s Villages adalah anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua. 1 dari 10 anak di seluruh dunia tidak mendapatkan pengasuhan orang tua yang memadai. Dalam situasi krisis, kelompok ini menjadi sangat rentan,” kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia dalam siaran persnya, Rabu (29/4/2020).

Ancaman COVID-19 yang semakin meningkat menjadi perhatian khusus untuk kesehatan dan perlindungan anak-anak. Virus ini tidak hanya berdampak langsung pada risiko kesehatan sebagian besar anak-anak, tetapi hal ini juga merupakan risiko besar bagi kesejahteraan dan perkembangan hidup mereka.

Melihat hal ini, tambah Gregor, “iKonic Indonesia tergerak menggalang dana untuk anak-anak di SOS Children’s Villages. Pada website Kolase.com, iKonic Indonesia menjual merchandise yang seluruh keuntungannya digunakan untuk perlindungan dan pencegahan penyebaran virus corona bagi anak-anak dan keluarga rentan,” imbuhnya.

Selain membantu anak-anak, donasi juga didedikasikan untuk memperkuat penghidupan keluarga yang berisiko ambruk karena dampak dari corona. SOS Children’s Villages Indonesia mendampingi 2.300 keluarga di 72 area di Indonesia. Bagi keluarga yang sudah berada di bawah tekanan ekonomi, krisis corona akan semakin memperburuk situasi genting mereka.

“SOS Children’s Villages berkomitmen untuk mengambil semua langkah yang mungkin untuk melindungi anak-anak dan menanggapi kebutuhan keluarga yang paling rentan dalam situasi saat ini. Demi mengusahakan kepentingan terbaik bagi anak-anak, SOS Children’s Villages mengambil langkah preventif agar anak-anak aman dari penularan COVID-19. Tidak hanya itu, respons cepat segera dilakukan sesuai prosedur bila ada anak yang menunjukkan gejala, seperti batuk, pilek atau demam. Sejauh ini semua cepat membaik dan sehat lagi. Kami juga berterima kasih dapat menjalin kerja sama dengan iKonic Indonesia dan Kolase.com yang sangat peduli dengan kesejahteran anak-anak kita di situasi darurat seperti ini,” ujar Gregor.

Hingga 17 April 2020, terdapat 2.153.620 kasus COVID-19 di dunia dan 5.923 kasus ditemukan di Indonesia. Berbagai usaha terus dilakukan oleh pemerintah, para stakeholder, dan masyarakat dari berbagai lapisan untuk menekan angka penyebaran COVID-19 dan meminimalisir dampaknya di Indonesia. (El)