IHW Bantu Bangun Rumah Warga Miskin

0
808

Cirebon.- Indonesia Halal Watch (IHW) pada hari Selasa (2/7) kemarin, mengunjungi Keluarga Masta di Jagapura Kec. Gegesik Cirebon, Jawa Barat. Yang dimana rumahnya Masta roboh diterjang angin dan hujan deras beberapa waktu lalu.

Direktur Eksekutif IHW DR. H. Ikhsan Abdullah meceritakan Masta si Tukang Becak yang diadili akibat meludahi anak kecil di Cirebon, Jawa Barat. Kejadian tersebut mencuat pada tahun 2013, tepatnya pada tanggal 19 September 2013.

“Bermula ketika pak Masta sedang dalam perjalanan pulang ke rumah seusai seharian mengayuh becaknya di Pasar Arjawinangun, Kabupaten Cirebon dengan menggunakan Becak melewati gang kecil, saat itu ada beberapa anak yang membawa sepeda yang diparkir menghalangi jalan,” kata Ikhsan dalam siaran persnya, Jumat (5/7/2019).

Pak Masta berusaha memindahkan sepeda tersebut, namun saat disenderkan ke tembok rumah, sepeda tersebut roboh dan anak kecil yang membawa sepeda pun memaki-maki Pak Masta dengan kata-kata kasar, sekalipun sudah diingatkan beberapa kali si anak tersebut tetap merajuk, sehingga pak Masta meludahi anak tersebut, dan FT (11 Tahun) membalas meludahi Pak Masta.

Tidak disangka, “orangtua dari anak kecil tersebut melaporkan kejadian itu ke Polsek Gegesik, hingga akhirnya kejadian tersebut diproses oleh Kepolisian dan dilimpahkan kepada Kejaksaan,” tandasnya.

Jaksa menjebloskan Masta kedalam Rumah Tahanan Pelabuhan Cirebon. Untuk menjalani proses persidangan, pak Masta dibela oleh, Dr. H. Ikhsan Abdullah, S.H., M.H dkk sebagai Pengacaranya saat itu.

Dengan Alasan Masta satu-satunya tulang punggung keluarga yang mencari nafkah untuk kehidupan sehari-hari dan membiayai anak-anaknya yang harus sekolah. “Majelis Hakim yang diketuai oleh Eman Sulaiman SH, MH mengabulkan permohonan Penangguhan Penahanan bagi pak Masta, karena pertimbangan lainnya Pak Masta juga sangat kooperatif,” pungkasnya.

Atas pertimbangan ini Majelis Hakim mengabulkan Permohonan Pembela dan Masta dikeluarkan dari Penjara dengan diarak dan dikawal 35 angko, 50 becak dan dikawal oleh 5 mobil Polisi dan Patwal. Selama masa Persidangan kasus ini mendapatkan perhatian masyarakat luas dan Media.

Saat perwakilan dari IHW memberikan bantuan kepada pak Masta

Dr. H. Ikhsan Abdullah, S.H., M.H, dkk sebagai Pembela Tukang Becak Masta, bersama Indonesia Halal Watch (IHW) telah memberikan bantuan kepada Keluarga Pak Masta, untuk membangun kembali rumahnya yang ambruk. Saat ini, rumah pak Masta dan Ibu Warseni (Istri dari pak Masta-red) sedang dibangun kembali.

Indonesia Halal Watch juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi, membantu penyelesaian pembangunan rumah Masta agar segera dapat ditempati kembali oleh Masta dan keluarganya. (EN)