Ida Pandita Mpu Nabe Wija Wita Pimpin Upacara Melaspas Di Legian

0
174

BALI, INAPOS – Serangkaian upacara sakral menandai dimulainya persiapan Yadnya melaspas dan Mecaru Ngenteg Linggih di kediaman Bapak Nyoman Sarjana yang dipimpin oleh Ida Pandita Mpu Nabe Wija Wita Dharma Saniasa dari Singaraja.

 

Melaspas dalam bahasa Bali memiliki arti Mlas artinya Pisah dan Pas artinya Cocok. Melaspas adalah upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru ditempati lagi, seperti rumah, kantor, toko, kandang dan lain sebagainya.

Ada beberapa hal yang dilakukan dalam ritual Nyadnya Melaspas diantaranya adalah :
Ngenteg Permana, ngentek adalah seimbang dan permana artinya akal fikiran yang bertujuan menyeimbangkan dan mengharmosisasikan pikiran daripada yang hendak ber-yadnya.

 

Netegan beras yaitu menyucikan sarana upakara diantara beras dan segala yang akan digunakan nanti saat upacara, agar sarana yang digunakan saat upacara bersih secara niskala dan tidak boros Beras yang digunakan seperti beras putih, beras merah dan beras hitam yang dipakai sebagai alat dasar pelaksanaan upacara.

 

Penyengker adalah kegiatan preventif untuk mencegah gangguan roh-roh jahat agar upacara nantinya berjalan dengan baik dan lancar.

 

“Intinya adalah memohon kelancaran segalanya kepada Ida Sang Widi Wasa agar terjadi harmosisasi dalam pelaksanaan kegiatan pada Jum’at 15 Februari 2019 mendatang,” pungkas Nyoman Sarjana. (red)


Komentar Anda?