Humas Pemerintah menjadi Buzzer Berita yang Baik

1
73

INAPOS, JAKARTA –  Peranan humas pemerintah sangat penting saat ini dalam menyebarluaskan informasi yang benar kepada masyarakat luas. “Tantangannya adalah hoaks, humas pemerintah dapat menjadi buzzer dalam menyebarluaskan berita yang baik dan benar. Contohnya anggota Bakohumas bisa menjadi buzzer berita BNPB dalam media sosial dalam menyebarluaskan berita bencana” ujar Henri Subiakto selaku staf ahli bidang Hukum Kominfo.

Ia juga mengapresiasi BNPB dalam memberikan nama ruangan seorang humas terbaik. Dr.Sutopo Purwo Nugroho, merupakan putra terbaik humas yang berjasa dalam informasi bencana. “Jika ada bencana semua wartawan pasti datang ke BNPB untuk mendapatkan info terupdate seputar bencana” ungkapnya di pertemuan forum Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) di ruang serbaguna Dr.Sutopo Purwo Nugroho, lantai 15, Graha BNPB, Jakarta (13/11).

Pada kesempatan kali ini, BNPB sebagai lembaga penanggulangan bencana memiliki kepentingan menginformasikan dan mensosialisasikan program kebencanaan.

“Khususnya tematik Desa Tangguh Bencana, melalui forum yang terhormat ini” ucap Sekretaris Utama BNPB Harmensyah.

Tema yg dibahas adalah “Membangun Penguatan Ketangguhan Masyarakat melalui Desa Tangguh Bencana”, dengan pembicara Lilik Kurniawan sebagai Deputi Pencegahan BNPB & Agus Wibowo sebagai Kapusdatinmas BNPB.

Lilik Kurniawan memperkenalkan salah satu program dari Desa Tangguh Bencana (Destana) adalah Keluarga Tangguh Bencana (Katana). “Jurragan, atau sebutan untuk orang sebagai Juru Penerang Penanggulangan Bencana. Adalah agen-agen kita untuk penguatan ketangguhan masyarakat di daerahnya” cetusnya.

Sementara itu, Agus Wibowo juga menyampaikan luasnya geografis Indonesia, tantangan tersendiri dalam mensosialisasikan edukasi bencana. “E-Learning Indonesia Tangguh adalah jawabannya. “Semua orang dapat mengukur kemampuan dan kapasitasnya dengan mengikuti tes secara online”, gagasnya.

Acara yang diikuti 90 peserta dari humas berbagai kementerian dan lembaga ini berakhir sukses dan semoga menjadi jembatan selanjutnya dalam mensosialisasikan penanggulangan bencana di Indonesia serta sinergitas antara humas pemerintah. (Rils/Red)


Komentar Anda?

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here