Inapos.com Kukar – Kepolisian Resor (Polres) Kutai Kartanegara menggelar Tes Psikologi Senjata Api, Mapping Psikologi, Pelayanan Profil Klinis Psikologi Kepolisian Dan Konseling Psikologi kepada personilnya, bertempat di Catur Prassetya Mapolres Kutai Kartanegara, Senin (26/09/22).

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Hari Rosena melalui Kabag SDM Kompol teguh Joko Sriyono mengatakan, Tes psikologi personel Polres Kutai Kartanegara tersebut diuji oleh Tim Biro SDM Polda Kaltim yang Diketuai oleh IPDA Ario Kus Indra Hasan bersama dengan 3 anggotanya dari Biro SDM Polda Kaltim.

“Tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk pemeriksaan psikologi pemegang senpi, pengambilan data profil klinis dan konseling psikologi bagi personil Polres Kutai Kartanegara,” ujar Kabag SDM.

Selain itu, dilaksanakannya tes psikologi bagi personel adalah untuk mengetahui kondisi psikologi apakah yang bersangkutan layak atau tidak untuk dipinjam pakaikan senjata api organik dan untuk mengetahui kondisi mental dan kepribadian personil serta sosialisasi E- Mental yang mana Polres Kukar baru mencapai 13% dalam pengisian E- Mental, untuk itu bagi personil yang memiliki kendala dalam pengisian E-Mental bisa disampailan untuk dibantu dicarikan solusi.

“Dengan adanya kegiatan tersebut, dapat diketahui kondisi mental dan kepribadian setiap personel dan kegiatan tes psikologi dilaksanakan secara berkala guna menjaga profesionalitas personel dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian”, ucapnya.(Red)