Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat mengikuti Festival Dayung Ciliwung. Nal/hms

JAKARTA.- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengajak semua masyarakat untuk merawat dan menjaga Sungai Ciliwung agar dapat meminimalisir banjir.

“Banjir dapat diminimalisir jika kebersihan Ciliwung tetap terjaga. Jangan buang sampah ke sungai,” tegas Heru, usia mengikuti Festival Dayung Ciliwung, Minggu (4/12).

Heru berharap, semua pihak dapat memahami bahwa Sungai Ciliwung adalah aset yang harus dijaga dan dibenahi bersama. Selain untuk meminimalisir banjir, ungkap Heru, Ciliwung juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga, hiburan dan lain-lain.

“Ciliwung harus kita rawat dan benahi bersama. Ayo kita dukung untuk normalisasi Sungai Ciliwung,” tegas Heru.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono yang menggagas Festival Dayung Ciliwung 2022 ini menjelaskan, agar masyarakat lebih peduli terhadap Sungai Ciliwung. Pj Gubernur DKI Jakarta berencana melaksanakan Lomba Hias Getek pada tahun depan.

“Kegiatan nantinya diiringi dengan perahu tradisional yang bertujuan utama memelihara Sungai Ciliwung dengan baik sehingga menjadi barometer pemeliharaan sungai-sungai lain di Indonesia,” ungkap Basuki.

Diungkapkan Basuki, empat atau enam bulan sekali Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan kegiatan di Ciliwung ini.

Untuk diketahui, Festival Dayung Ciliwung ini digelar Kementerian PUPR serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan dukungan dari Pemprov DKI Jakarta.

Perhelatan yang diikuti sekitar 50 pendayung ini dimulai dari aliran Ciliwung di kawasan Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan sampai dengan Stasiun Stasiun BNI Airport, Jakarta Pusat. Dalam giat ini, Pj Gubernur DKI Jakarta dan Menteri PUPR ikut menyusuri Ciliwung bersama peserta. (Nal)