Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas atlet Tour De Borobudur 2022. Hms/Er
SURAKARTA.- Menempuh jarak 138 kilometer, ratusan atlet sepeda menyemarakkan gelaran Tour de Borobudur hari pertama, Sabtu (5/11/22).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menyemangati para atlet di titik start Stadion Mahanan, Solo.
Ganjar yang datang lebih awal, sempat menyapa para peserta yang datang tak hanya dari dalam negeri. Tampak sejumlah atlet sepeda dari mancanegara ikut memeriahkan event tersebut.
“Ada yang sudah latihan setengah hari, ada yang satu bulan, dan kita memberikan hari ini trek yang paling bagus,” ucap Ganjar dalam sambutannya.
Ganjar senang karena Tour de Borobudur tahun ini bisa diikuti lebih banyak pesepeda. Terutama pada race pertama yang memang khusus para atlet profesional. Mereka akan melewati Solo-Boyolali-Selo-Salatiga-Solo.
“Mudah-mudahan bapak ibu bisa menikmati situasi yang sangat indah. Selamat berjuang, saya di belakangmu,” tutup Ganjar, dilanjutkan dengan flag off, tanda dimulainya race.
Ganjar mengatakan, melalui TDB 2022 ini selain men-support dari sisi olahraga, juga mendukung pariwisata. Apalagi di tiap titik henti, masyarakat dan desa bisa terlibat langsung.
“Solo kita ambil sebagai start dan finish untuk race pertama, muter di sekitar Boyolali karena itu tempat yang sangat menantang untuk para atlet, dan tentu saja pemandangannya sangat indah,” ujarnya.
Adapun rute untuk TDB hari kedua, lanjut Ganjar, diperuntukkan penghobi sepeda. Jaraknya 104 kilometer dengan rute Solo-Klaten-Sleman-Magelang.
“Mudah-mudahan menjadi satu daya tarik untuk mereka juga, sehingga di tengah rasa orang bersepeda, capek, dia bisa menikmati pemandangan yang indah,” katanya.
Ditambahkan, para pesepeda juga akan dimanjakan dengan suasana desa, dan bisa berinteraksi dengan masyarakat secara langsung.
“Mungkin disapa masyarakat di beberapa tempat, karena kita kerja sama dengan beberapa desa. Dan itu akan menjadi satu ornamen dari suasana tour de borobudur pada hari ini,” pungkasnya. (Er)