Suasana TMII di hari pertama dibuka usai revitalisasi. Nal

JAKARTA.- Hari pertama dibuka setelah direvitalisasi, obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur diserbu ribuan pengunjung, Minggu (20/11/22).

Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eni Utari mengatakan, untuk hari pertama uji coba terbatas ini pihaknya membatasi hanya 5.000 pengunjung. Penjualan tiket dilakukan secara online pada 16-18 November.

“Animo masyarakat sangat tinggi di hari pertama buka uji coba terbatas. Jumlah pengunjung kita batasi maksimal 5.000,” ujarnya.

Diungkapkan Emilia, wajah baru TMII dengan mengedepankan konsep penghijauan, sepertinya menjadi magnet tersendiri bagi warga yang berkunjung. Kemudian di dalam area TMII juga banyak atraksi baru yang lebih menarik dan bernuansa kebudayaan daerah.

“Uji coba akan terus dilakukan sampai akhir November, jika lebih baik lagi maka kuota pengunjung ditambah menjadi 75.00 per hari dan Desember bisa 10 ribu per hari,” beber Emilia.

Dengan mengusung konsep penghijauan, ungkap Emilia, pengunjung pun dilarang berkeliling kawasan TMII dengan kendaraan. Pihaknya telah menyediakan 10 kendaraan listrik untuk mengantar pengunjung dari tempat lokasi parkir ke lokasi anjungan yang diinginkan.

“Dengan perubahan konsep ini kita berikan edukasi, kendaraan tidak boleh masuk kawasan. Kami siapkan tempat parkir terpadu di 18 titik lokasi,” tuturnya.

Andi (35), salah seorang pengunjung menuturkan, wajah baru TMII yang mengedepankan konsep penghijauan ini sangat menarik. Namun, dia menyarankan agar lokasi parkir dan kendaraan listrik ditambah lagi agar tidak terjadi penumpukan pengunjung.

“Kita berharap kendaraan listrik disiapkan lebih banyak lagi jumlahnya. Agar pengunjung tidak menunggu terlalu lama saat berkeliling TMII atau akan kembali ke area parkir kendaraan,” pungkasnya. (Nal)