Hari Bakti PU 2018, Kenang GugurnyaTujuh Pegawai PU

0
852
KOTA CIREBON.- Setiap tanggal 3 Desember, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memperingati Hari Bakti PU. Tahun ini, pada 3 Desember 2018 merupakan peringatan Hari Bakti PU ke-73 yang dipusatkan di Gedung Sate Bandung.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung Ir. Happy Mulya menjelaskan, Peringatan Hari Bakti pada 3 Desember merupakan peringatan atas peristiwa 3 Desember 1945 saat tujuh orang pegawai PU gugur dalam pertempuran mempertahankan Gedung Sate, Bandung.
Dirinya menceritakan, bahwa Tanggal 3 Desember 1945, pasukan tentara sekutu (NICA) dengan persenjataan lengkap dan modern mengepung Gedung Sate yang saat itu dijaga dan dipertahankan oleh pasukan Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum dan dibantu oleh pasukan dari Badan Perjuangan.
Pertempuran di Gedung Sate yang dahsyat dan tidak seimbang tersebut berakhir dengan tujuh orang korban telah gugur. Mereka adalah Didi Hardianto Kumarga, Muchtaruddin, Suhodo, Rio Susilo, Subengat, Rana, dan Surjono.
“Sejak saat itu, tiap tanggal 3 Desember dikenang sebagai Hari Bakti Pekerjaan Umum. Tujuh orang tersebut mendapat gelar pahlawan Sapta Taruna,” jelas Happy kepada inapos.com disela-sela acara Hari Bakti PU dikantornya, Senin (3/12).
Lebih lanjut Happy menambahkan, jika peringatan Hari Bakti PU ini dimaknai sebagai semangat untuk refleksi perjalanan panjang di bidang PUPR dan untuk lebih meningkatkan kinerja pegawai PU. (Kris)