Gubernur Jabar Hadiri Puncak Acara Peringatan Hari Air Dunia ke 27

0
234

KUNINGAN.- Puncak acara Peringatan Hari Air Dunia ke 27 Tingkat Provinsi Jawa Barat dilangsungkan di Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Jum’at (29/3).

Acara tersebut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Kuningan Acep Purnama, Kepala Dinas SDA Provinsi Jawa Barat Linda Al Amin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik, Kepala BBWS Cimancis Happy Mulya, Kapolres Kuningan, Dandim Kuningan, BUMN, dan tamu undangan lainnya.

Puncak acara tersebut diawali dengan upacara adat Kawin Cai yang berasal dari Desa Babakan Mulya jalaksana, untuk mempersatukan dari titik mata air yang ada di Kabupaten Kuningan.

Ketua Panitia Puncak Hari Air Dunia ke 27 Tingkat Provinsi Jawa Barat Linda Al Amin dalam sambutannya, mengatakan kegiatan ini merujuk pada resolusi PBB yang mencanangkan di semua negara wajib memperingati hari air.

“Tujuannya adalah, untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan air yang menjadi penopang kehidupan,” ujar Linda yang juga Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

Masih kata Linda, dalam memperingati hari air ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah melakukan rangkaian-rangkaian kegiatan.

“Salah satunya ialah gelar kampanye peduli air di SDA Jabar dan melakukan bebersih sungai di seluruh UPTD SDA di Jabar,” jelas Linda.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya mengatakan, Hak dasar masyarakat ialah hak akses air, untuk itu pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menyiapkan beberapa langkah strategis untuk menunjang akses air.

“Target 2030 bisa memanfaatkan air dengan terjangkau,” ucap Emil sapaan akrabnya.

Emil menjelaskan, saat ini di Provinsi Jawa Barat sedang ada pembangunan tujuh bendungan skala besar yang merupakan proyek nasional.

“Selain itu, Kami juga menyiapkan air baku dengan membangun 100 danau atau embung juara, 100 situ dan pengelolaan mata air,” pungkasnya.

Usai acara berlangsung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkesempatan menaburkan satu juta bibit ikan dilokasi Waduk Darma. (Kris)


Komentar Anda?