Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assifa saat memberikan materi kepada mahasiswa. Kris

KOTA CIREBON.- Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Cirebon laksanakan ‘Goes To Campus‘ dalam rangka memberikan pemahaman dasar hukum dan tupoksi Rupbasan kepada mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon atau UGJ Cirebon.

Kegiatan tersebut sebagai implementasi dari MoU Rupbasan Cirebon dengan Universitas Swadaya Gunung Jati.

Kepala Rupbasan Kelas I Cirebon, Fajar Nurcahyono Assifa menuturkan, bahwa tugas pokok dan fungsi Rupbasan dalam penegakan hukum adalah merawat, memelihara serta menjaga aset barang sitaan negara maupun barang rampasan.

“Rupbasan mengelola barang bukti sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang KUHAP Pasal 44 a. Dalam KUHAP tersebut disebutkan bahwa barang sitaan atau benda sitaan harus disimpan dalam Rupbasan,” kata Fajar saat memberikan materi kepada mahasiswa Fakultas Hukum UGJ Cirebon di Gedung Denzibang III (Detasemen Zeni Bangunan 3/III Cirebon), Rabu (28/9/22).

Jadi, lanjut Fajar, dalam hal ini semua barang bukti apa saja dapat di titipkan di Kantor Rupbasan Kelas I Cirebon.

Diakhir Pemaparannya Fajar memberikan semangat dan berpesan kepada mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang seutuhnya dan berbicara sesuai dengan kenyataan yang ada.

“Tetap semangat dan jangan jadi mahasiswa yang hanya mengedepankan eksistensi tetapi mengutamakan intelegensi,” pungkasnya. (Kris)