GLMMI Mendemo Kemendag Terkait Permen 29 Tahun 2019

0
39

Jakarta.- Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Laskar Mahasiswa Muslimin Indonesia (GLMMI) menggelar demonstrasi di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat. (19/9/2019)

Demonstrasi ini dilakukan untuk mengkritisi kebijakan Kementerian Perdagangan terkait dengan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 29 tahun 2019 tentang ketentuan ekspor dan impor dan produk hewan. Dalam aturan tersebut, produk impor hewan tak lagi harus menggunakan sertifikat halal sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 59 tahun 2016.

Senatha selaku koordinator aksi menjelaskan bahwa, “terkait produk hewan atau dapat disebut dengan daging, haruslah bersertifikat halal. Karena hal ini tentulah menjadi ketentuan yang di atur oleh UU 33 tahun 2014, bahwa setiap produk yang beredar dan di perdagangkan di wilayah Indonesia haruslah bersertifikat halal,” ucap Senatha.

Ia juga menambahkan bahwa hampir 220 juta penduduk Indonesia adalah muslim, yang dimana mereka adalah konsumen dari produk yang di perdagangkan di Indonesia.

“Produk yang di perdagangkan haruslah bersertifikat halal, karena ini adalah salah satu langkah pemerintah untuk memberikan perlindungan bagi ummat muslim khususnya,” tukasnya.

Terkait dengan hal ini, Kementerian Perdagangan telah melanggar UU, karena telah mengeluarkan Peraturan Menteri yang bertentangan dengan UU.

“Jika pemerintah tidak segera memberikan penjelasan dan juga tidak merevisi Permen tersebut, maka kami akan turun kembali dengan massa yang lebih besar,” tegas Senatha. (Elwan)


Komentar Anda?