INAPOS.COM – Rumah sakit tingkat II Prof. Dr. J.A. Latumetten Kota Ambon dan Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 5/ CMG menggelar vaksinasi dosis I, dosis II dan dosis III, vaksin untuk prajurit, Persit, anak usia 6-11 tahun serta masyarakat umum, Selasa (08/02/2022).

Sebanyak 31 dosis vaksin I, 145 dosis vaksin II dan 170 dosis vaksin III diberikan dengan jenis vaksin Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer dan Moderna.

Vaksinasi ini bertujuan untuk merangsang kekebalan tubuh, mengurangi resiko penularan Covid-19, mengurangi dampak berat dari virus. Semakin banyak individu yang melakukan vaksin di sebuah daerah maka Herd Immunity akan tercapai, sehingga meminimalisir risiko paparan dan mutasi virus Covid-19, diharapkan masyarakat akan mendapatkan kesadaran bersama tentang penting nya melakukan vaksinasi di tengah pandemi covid saat ini.

Hari ini sebanyak 345 orang yang terdiri dari masyarakat umum, anak- anak, TNI dan Persit telah mendapatkan vaksin. Upaya ini akan terus dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura bersama Stakeholder terkait untuk menggenjot angka masyarakat yang divaksin baik dosis I, dosis II, dosis III serta vaksin untuk anak- anak, sehingga terbentuk herd immunity yang semakin mantap di kalangan keluarga dan masyarakat.

Untuk diketahui capaian vaksinasi per tanggal 8 Pebruari 2022 di provinsi Maluku saat ini mencapai 68,83 % vaksin 1 dan 38,48% vaksin 2, sementara di Maluku Utara 75,03 % vaksin 1 dan 39,04% vaksin 2. Prosentase ini, khususnya capaian vaksin 2 masih tergolong rendah bila dibanding dengan provinsi lain di Indonesia. Disisi lain, saat ini Kota Ambon masuk zona merah dengan kasus harian terkonfirmasi positif per tanggal 7 Pebruari mencapai 97 orang. (red/Pendam XVI)