Forum Alumni BEM Tegaskan, Aksi Mahasiswa dan Pelajar Ditunggangi Rakyat

0
379

Jakarta.- Kumpulan Alumni Badan Eksekutif Mahasiswa Indonesia, menggelar konferensi pers dalam menyikapi kondisi bangsa dan aksi demonstran yang melibatkan mahasiswa dan pelajar. Khususnya mereka menyikapi atas perlakuan represif aparat kepolisian yang terbilang sudah diluar kewajaran.

Mereka menamakan Forum Alumni BEM, terdiri dari Raja Agung Nusantara (Alumni BEM IKIP), Putra (Alumni BEM PTM Banten), Zifran (Alumni BEM Ibnu Khaldun Jakarta), Rendi J (Alumni BEM STKIP Purnamawa Jakarta) Zainuddin Arsyad (Alumni BEM Yogyakarta) dan alumni lainnya termasuk dari Universitas Indonesia.

Aksi yang telah berlangsung pada Senin 23 September kemarin, yang diawali oleh para mahasiswa secara serentak di berbagai daerah. Kemudian menyusul aksi para pelajar yang dari STM sederajat, sehingga banyaknya korban luka-luka bahkan ada juga yang tewas tertembak.

Untuk itu, Forum Alumni BEM Indonesia mengutuk keras tindakan brutal aparat kepolisian. Zainuddin Arsyad menyampaikan, demonstrasi padahal dijamin oleh UU Nomor 9 Tahun 1998, Pasal 1 angka 1 menjelaskan. Kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara.

“Namun, jaminan dari UU itu telah terjadi pembungkaman dan tindakan represif, yaitu tindakan pelarangan mahasiswa untuk menyalurkan aspirasinya melalui demonstrasi yang dalam perjalanan menuju DPR,” kata Zainuddin di Menteng Raya 58, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019).

Selain itu, dirinya juga menyebut tindakan represif dan pemukulan kepada mahasiswa dan pelajar di berbagai daerah, harus segera dihentikan dan diusut tuntas.

Zifran yang juga tergabung dalam Gerakan Pemuda Islam (GPI) meminta kepada seluruh Alumni BEM dan Alumni mahasiswa dan pelajar, untuk ikut serta mendampingi dan mengawal para mahasiswa dan pelajar didalam menyalurkan aspirasinya.

Saat ditanyai mengenai adanya isu aksi yang ditunggangi, Zifran menegeaskan, “bahwa memang benar aksi yang dilakukan mahasiswa dan pelajar ditunggangi, yaitu oleh kepentingan rakyat,” tegasnya. (Elwan)