Formapas Halteng Jabodetabek Jalin Sinergitas Dengan Pemda Dukung Pendidikan

0
120

INAPOS, MALUT – Forum Mahasiswa Pascasarjana Halmahera Tengah (Halteng) Jabodetabek menjalin komitmen dengan Bupati Halteng dalam rangka mendukung pendidikan baik strata satu maupun pascasarjana dan program doktoral.

Komitmen tersebut disampaikan pada pelantikan pengurus forum pascasarjana yang dihelat di gedung DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, jalan Pengangsaan No 19, cikini Jakarta Pusat, kemarin (8/2/2020) Yang dihadiri langsung oleh tokoh nasional, Pemkab Halteng, perusahan IWIP dan sejumlah OKP Maluku Utara.

Yakni antara lain Menteri Urasan Pemuda Era Soeharto tahun 1978-1988, Abdul Gafur, Bupati Halteng Edi Langkara, Sekertaris BAPPEDA Mufti Abdul Murhum, dan Camat Patani Utara Mustami Hi Jamal, serta perwakilan Staf Meneger Humas PT IWIP, Amaruddin.

Dalam sambutanya, ketua Forum Pascasarjana, hamdan Badalan menyampaikan Rasa hormat dan haru atas kehadiran tokoh nasional dan pemerintah daerah dalam pelantikan forum mahasiswa pascasarjana Halteng jabodetabek periode 2020-2021.

” walaupun menghadapi rutinitinas kerja, salah satu tokoh nasional dan Pemkab Halteng masih bisa meluangkan waktu untuk menghadiri acara pelantikan tersebut. Sebab forum ini dibentuk untuk mengapresiasi program Pemkab Halteng di bidang pendidikan, ” Katanya.

Menurutnya, forum ini mengambil semangat pemerintah daerah dalam bidang pendidikan karena dalam 2 tahun berjalan, pemerintah sangat serius membiayai mahasiswa dari awal masuk kuliah hingga akhir studi. Atas dasar insiatif ini kami akan selalu mendukung Pemerintah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat program pemerintah daerah.

Hal senada juga disampaikan Bupati Halteng Edi langkara yang mengatakan, Pemkab Halteng sangat serius dalam mendukung masalah pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga kami selaku Pemerintah memberikan biaya kuliah kepada mahasiswa strata satu yang baru masuk kuliah per orang Rp 5 juta dan mahasiswa akhir studi Rp 2 juta lima ratus jadi semau total biaya permahasiswa Rp 50 juta.

‘’ Pemerintahan elang-rahim menargetkan mahasiswa pascasarjana pertahun 20 orang, dari tahun 2018 kami berangkatkan 16 mahasiswa untuk menempuh studi pascasarjana, dan di tahun 2019 telah menurun menjadi 14 sedangkan untuk tahun tahun 2020 belum tercover, ” Ujarnya.

Kami berharap, dengan adanya forum mahasiswa pascasarjana Halteng dapat membantu untuk mensosialisasikan program pemerintah di bidang pendidikan serta turut memberikan semangat lanjut studi kepada mahasiswa yang telah lulus di strata satu.

Tiba di penghujung acara, dr abdul Gafur salah satu tokoh nasional dan sekaligus ketua dewan kehormatan forum mahasiswa pascasarjana (Formapas) memberikan nasihat dan orasi ilmiah tentang membangun karakter Leadership,

‘’ saya hanya titipkan ke generasi fagogoru untuk lebih giat belajar dan membangun karakter kepemimpin untuk mengahdapi revolusi for point 0. ‘’ tutupnya dengan singkat.

Dalam Acara pelantikan forum pasacasarjan halmahera tengah (Formapas Halteng) dilanjutkan dengan diskusi yang mengambil tema ‘’ investasi pertambangan sebagai wujud kesejahteraan ekonomi dalam pembangunan daerah.(min)