SUKABUMI,- Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Sukabumi mulai melakukan pembahasan terkait dengan rencana pembangunan daerah Tahun 2020 mendatang.

Melalui Forum Gabungan Perangkat Daerah Penyusunan (FGPDP) RKPD diharapkan dapat menghasilkan program skala prioritas dalam melakukan pembangunan di 48 kecamatan Kabupaten Sukabumi.

Kabid (Kepala Bidang) Penelitian dan Evaluasi BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembamgunan Daerah), Sri Hastuti Haraphap mengatakan, Forum Gabungan Perangkat Daerah Penyusunan RKPD tersebut merupakan penyempurnaan atas adanya hasil usulan Musrenbang seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Forum ini mendiskusikan program Prioritas hasil usulan Musrenbang Kecamatan tahun 2019 ke dalam Renja (Rancangan Kerja) tahun 2020 dari setiap Perangkat Daerah,” katanya.

Saat ditemui di Bale Pangripta BAPPEDA Pelabuhanratu Sukabumi Rabu (6/3/19) ia mengungkapkan, forum ini diikuti oleh 180 peserta yang terdiri dari para Kadis (Kepala Dinas), Camat serta perwakilan masyarakat di Kabupaten Sukabumi untuk kemudian menyampaikan apa yang telah dibahas serta direkomendasi dalam Musrenbang setiap kecamatan.

” Mudah – Mudahan di forum ini dapat menghasilkan keputusan yang tepat dan bersepakat untuk kemudian dapat di implementasikan dalam sebuah kegiatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda (Sekretaris Daerah) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menjelaskan, forum gabungan ini merupakan forum strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sektoral terutama bagi perangkat daerah yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik.

“Output dari forum gabungan ini diharapkan mampu menjawab permasalahan secara epektif karena berbasis partisipasi dan berorientasi pada pencapaian target pembangunan, program prioritas serta isu strategis daerah,” paparnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Sukabumi tahun 2016-2021, target sasaran tahun 2020 adalah fokus pada pembangunan ekonomi berbasis kawasan, dimana sektor unggulan yang akan menjadi lokomotif pembangunan ekonomi berbasis kawasan adalah sektor pariwisata.

“Sektor ini dipilih mengingat begitu besarnya potensi pariwisata di Kabupaten Sukabumi, sehingga peluang tersebut di ambil untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.” Pungkasnya. (Eko Arif)