Sesuai dengan tahapan Pilkada Kota Cirebon tahun 2018, KPU Kota Cirebon gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Cirebon di Aula Kantor KPU Cirebon, Jl. Palang Merah Kota Cirebon, Senin (12/2). 

Ketua KPU Kota Cirebon Emirzal Hamdani menuturkan, setelah kedua pasangan calon melakukan proses pendaftaran pada tanggal 8-10 Januari 2018 lalu, serta tahapan tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung pada 12-13 Januari lalu, KPU Kota Cirebon menyatakan bahwa pasangan Bamunas-Edo dan Azis-Eti telah memenuhi syarat.
“Dengan demikian, keduanya menjadi pasangan calon walikota dan wakil walikota Cirebon, setelah sebelumnya masih bakal calon,” ungkapnya.
Dengan penetapan kedua calon tersebut, maka paslon Bamunas-Edo yang diusung oleh partai PDIP, Golkar, dan PPP, serta paslon Azis-Eti yang diusung oleh partai Nasdem, Demokrat, PKB, PKPI, dan Hanura, berhak mengikuti ajang pilkada Kota Cirebon 2018.
“Setelah proses ini, kedua pasangan calon akan mengambil nomor urut yang akan dilaksanakan besok (selasa) di Hotel Prima Kota Cirebon,” pungkas Emirzal.

Turut hadir dalam rapat penetapan paslon tersebut Forkompinda Kota Cirebon diantaranya Kapolres Cirebon Kota, Danrem 063/SGJ, Dandim 0614/Kota Cirebon, Brimob Detasemen C, Ditpolair, Satpol PP Kota Cirebon, Kepala Kejaksaan Negeri Cirebon, Ketua Pengadilan Negeri Cirebon, Dinas terkait serta ketua parpol pengusung masing masing calon. (Kris).