DPD RI Carikan Solusi Masalah Sengketa Tanah Antara PT KAI Dengan Keraton Kasepuhan

0
224

KOTA CIREBON. – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyerap aspirasi terkait persoalan sengketa tanah antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan Keraton Kasepuhan. Kehadiran Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD akan mencari solusi sengketa yang sudah lama terjadi.

Demikian terungkap dalam pertemuan bersama antara PT KAI dengan Keraton Kasepuhan yang difaslilitasi BAP DPD dan Pemerintah Daerah Kota Cirebon di Balaikota Cirebon, Rabu (13/2).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Asep Dedi, MSi mengatakan pihaknya berharap penyelesaian persoalan sengketa tanah segera selesai.

“Persoalan sengketa tanah antara KAI dan Keraton Kasepuhan sudah lama terjadi. Semoga dengan kehadiran DPD RI akan selesai karena menyangkut masyarakat juga,” ungkap Asep Dedi.

Asep Dedi menambahkan kedatangan DPD RI tentunya dalam rangka menyerap aspirasi mengenai persoalan yang sedang dihadapi saat ini. Kehadiran DPD RI tentunya sangat membantu apalagi jika persoalan yang sudah lama terjadi ini bakal selesai.

“Karena bagaimanapun peran semua keraton sangat penting termasuk Keraton Kasepuhan dalam mewujudkan visi Kota Cirebon kreatif, berbasis budaya dan sejarah,” kata Sekda.

Sementara Pimpinan BAP DPD RI, Abdul Gafar Usman mengatakan DPD menjadi wakil yang diberi tugas oleh Negara untuk rakyat. DPD membentuk kelengkapan jika itu menyangkut persoalan-persoalan yang perlu ditindak lanjuti, secara masalah dibentuklah Badan Akuntabilitas Publik (BAP).

”Kami mempunyai komitmen dan kehadiran di sini itu tidak mencari siapa yang salah tapi kami ingin untuk mencari solusi. Persoalan yang ada di kota Cirebon ini mengenai tanah antara pihak Keraton Kasepuhan dengan PT KAI Daop 3 Cirebon tentu kami harapkan ada solusinya,” ujar Abdul Gafar.

Abdul Gafar berharap semua pihak dapat duduk bersama dengan menyelesaikan persoalan yang sudah lama terjadi. Tentu solusi dapat terwujud bila semua pihak dapat menempatkan secara hukum dan melakukan upaya ingin menyelesaikan masalah. (Kris)


Komentar Anda?