DLH Malut Gelar Rapat Bersama 12 SKPD

0
122

INAPOS, TERNATE – Forum Perangkat Daerah Provinsi Maluku Utara menggelar rapat bersama dalam penyusunan rancangan Renstra akhir tahun 2019-2024 yang bertempat di Hotel Safirna.

Forum tahapan Rancangan Strategi (Ranstra) telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 yang mengamanatkan tentang tatacara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah.

Rapat tersebut diikuti perwakilan 12 SKPD Malut yakni DLH, Dinas Kesehatan, Pertanian, Kehutanan, PUPR, Disperkim, Perikanan, BPBD serta SKPD lainnya yang berkaitan dengan urusan lingkungan hidup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Fachruddin Tukuboya mengatakan Rensta SKPD adalah dokumen perencanaan SKPD untuk 5 tahun kedepan. Perangkat daerah sebelum masuk ke Rancangan akhir harus membuat forum lintas perangkat daerah.

Kata dia, dalam rapat Renstra, program kegiatan sudah ditetapkan sesuai Permendagri nomor 90 tahun 2019. Masing-masing perangkat daerah memperkaya diindikator kegiatan. Selain Itu, ada beberapa program yang menjadi prioritas yakni salah satunya laboratorium.

Dalam laporan Permendagri tidak ada, sehingga kami saling bersinergi dengan dinas PUPR untuk membahas pembangunan laboratorium apakah akan di bangun oleh dinas PUPR atau DLH.

Ia menambahkan, kondisi laboratorium DLH Malut sudah ada, namun belum memenuhi kaidah-kaidah pengujian parameter lingkungan hidup. Peralatan pun sudah ada sejak tahun 2006.

Lanjut dia, masalah ini untuk mengantisipasi jangan sampai ada fenomena kejadian seperti ikan mati yang terjadi di Malut beberapa pekan kemarin bahkan sampel nya harus dikirim ke luar Malut. Selain Laboratorium, ada juga di bidang penataan penaatan perlindungan pengelolaan lingkungan hidup yang punya prioritas mengawasi izin lingkungan yang dikeluarkan. (min)