Genta Patriot Muda Nusa Tenggara Timur atau yang dikenal dengan Garda NTT berhasil menyelesaikan distribusi bantuan logistik untuk korban bencana siklon seroja di NTT.

Bantuan dengan total 15 ton yang dikumpulkan di posko utama Garda NTT di Jakarta kemudian diangkut menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara melalui Lanud Halimperdanakusuma Jakarta dan ditampung di posko sementara di Liliba, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dari posko Kupang, bantuan lalu disalurkan ke daerah terdampak, yaitu Kota Kupang, Malaka, Alor, Sabu Raijua, Lembata dan terakhir Adonara.

Dalam keterangan pers yang dilaksanakan di posko Garda NTT Kupang pada Rabu, 05 Mei 2021, Koordinator Posko Garda NTT Kupang, Onkar on Manimabi atau yang lebih dikenal dengan Beka menyampaikan bahwa pengiriman ke Larantuka menjadi tanda bahwa pendistribusian logistik bantuan untuk NTT tahap I telah selesai.

“Hari ini bantuan untuk korban bencana di Adonara sudah diterbangkan menggunakan heli BPBD ke Larantuka untuk selanjutnya didistribusikan ke wilayah terdampak, yaitu Adonara,” ungkap pria Lulusan Universitas Bung Karno Jakarta ini.

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengungkapkan bahwa distribusi bantuan memiliki kendala yang sangat kompleks. Namun berkat semangat dan kerja keras juga kebaikan dari semua orang, maka semua kesulitan dapat diatasi.

“Mendistribusikan bantuan ini bukan pekerjaan yang mudah. Kami berhasil didistribusikan bantuan berkat uluran tangan dari semua pihak. Kami bekerjasama dengan BPBD, Dinas Perhubungan propinsi NTT, TNI angkatan udara, TNI Angkatan Darat, dan juga semua pihak yang telah membantu. Hal ini menjadi istimewa karena tim Garda NTT Kupang juga memiliki semangat yang begitu luar biasa”, ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bantuan yang sudah didistribusikan ke setiap daerah selanjutnya akan diteruskan ke setiap wilayah terdampak melalui koordinator posko di masing-masing daerah terdampak.

“Untuk Kota Kupang dan Kabupaten Kupang kami turun ke setiap wilayah dan membagikan bantuan secara langsung kepada semua korban terdampak. Di daerah lain pun demikian. Para koordinator posko di tiap-tiap kabupaten akan langsung bekerja, mendistribusikan bantuan langsung kepada para korban,” tambahnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Ketua umum Gerakan Patriot Muda NTT (Garda NTT) Wilfridus Yons Ebit menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua tim Garda NTT dan semua pihak yang telah bekerjasama dengan Garda NTT sejauh ini.

“Dari tempat pertama kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada setiap donatur, baik itu pribadi maupun organisasi, juga kepads semua warga Jakarta yang telah menjadi bagian dari misi kemanusiaan Garda NTT. Pada tempat kedua kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu distribusi logistik, mulai dari BNPB, TNI Angkatan Udara, BPBD NTT, TNI Angkatan Darat, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi NTT, dan semua pihak yang telah membantu sejauh ini,” ucap pria lulusan STF Driyarkara Jakarta ini.

Untuk diketahui, Garda NTT akan menyalurkan bantuan dalam 2 tahap. Tahap pertama sudah didistribusikan sebanyak 15 ton, sementara bantuan tahap kedua sudah disimpan di posko utama garda NTT di Jakarta sebelum nanti didistribusikan ke NTT menggunakan pesawat hercules dari Pangkalan Angkatan Udara Halimperdamakusuma Jakarta.