Disdukcapil Musnahkan Ribuan KTP-el Rusak Atau Invalid

0
360
KOTA CIREBON.- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon melakukan pemusnahan 3.670 keping KTP-el rusak atau invalid di halaman kantor Disdukcapil, Komplek Perkantoran Bima Cirebon, Senin (17/12).
Hal tersebut berdasarkan perintah Kementerian Dalan Negeri melalui surat bernomor 470.13/11176/SJ Tanggal 13 Desember 2018. Tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid.
Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kota Cirebon, Anan Suyitno, mengatakan pemusnahan KTP-el tersebut yang dinyatakan rusak atau invalid tersebut agar tidak ada penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
“Kepingan KTP-el ini terkumpul sejak awal 2017 hingga Desember 2018,” ujar Anan.
Pada kesempatan yang sama, Sekda Kota Cirebon Asep Dedi mengatakan jika KTP-el yang dimusnahkan ini bertujuan untuk menghindari tercecer dimana mana.
“KTP-el ini tidak dibuang secara sembarangan karenanya, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, maka hari ini kita laksanakan pemusnahan dengan cara di bakar,” terang Asep.
Turut menghadiri pemusnahan KTP-el tersebut,  Perwakilan Sat Pol PP, Perwakilan Dinas Kerasipan Daerah, dan perwakilan dari Polres Cirebon Kota serta undangan lainnya. (Kris)