Disdukcapil Kota Sukabumi Keluarkan KTP Khusus Penganut Kepercayaan

0
352

KOTA SUKABUMI.- Kartu Tanda Penduduk (KTP) khusus penganut kepercayaan atau penghayat pada kolom agama yang tertera pada KTP. Dengan demikian maka, warga Kota Sukabumi yang menginginkan untuk mendapatkan dan memiliki KTP khusus tersebut dapat menghubungi langsung Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kota Sukabumi.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar mengungkapkan, terhitung sejak tahun 2018 lalu pihaknya sudah mulai mengeluarkan KTP khusus penganut kepercayaan atau penghayat
bagi warga Kota Sukabumi. Hal ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan surat keputusan dengan nomor 97/PUU-XIV/2016.

“Sepanjang tahun 2018, Disdukcapil baru mengeluarkan KTP khusus tersebut sebanyak satu KTP, hingga saat sampai 2019 ini, belum nampak adanya pemohon lain yang mengajukan pembuatan KTP khusus tersebut,” katanya.

Iskandar yang dihubungi via seluler Selasa (26/2/19) mengungkapkan, pengajuan KTP khusus tersebut sama halnya seperti pengajuan KTP pada umumnya. Hanya saja dalam format isian yang disediakan sedikit terdapat adanya penambahan pada kolom tulisan agama.

“Status agama di KTP berdasarkan enam jenis agama ditambah lain-lain, sebagai pilihan ke tujuh yang biasanya dikosongkan atau ditandai garis strip,” ungkapnya.

Ia menegaskan, pemberlakuan KTP khusus ini merupakan merupakan hak warga masyarakat dan kami hanya sebatas menjalan tugas pokok dan fungsi kami sebagai ASN (Aparatul Sipil Negara) yang bertugas melakukan pencatatan dan penerbitan dokumen pengadministrasian negara seperti KTP dan lainnya.

“Sejak keluar keputusan itu, para penganut kepercayaan atau penghayat bisa mencantumkan aliran kepercayaan di kolom agama dalam KTP, dan kami keluarkan sesuai dengan permohonan dari warga,” pungkasnya.(Eko Arief)