Diresmikan Presiden, Bendungan Tapin Perkuat Ketahanan Pangan dan Pengendalian Banjir

0
123

KALSEL.- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tapin yang berada di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (18/02/21).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini (diresmikan Bendungan Tapin) di Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. Bendungan ini dibangun lima tahun yang lalu, 2015, dan telah selesai, menghabiskan anggaran Rp986 miliar,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Presiden mengungkapkan, bendungan ini memiliki fungsi memperkuat ketahanan pangan melalui penyediaan irigasi, mereduksi banjir, menyediakan air baku, serta sebagai sumber air untuk pembangkit listrik.

“Bendungan Tapin ini memiliki Kapasitas 56,7 juta meter kubik air yang perannya sangat penting dalam pengendalian banjir, juga memperkuat ketahanan pangan karena bisa menyediakan irigasi untuk 5.472 hektare, dan juga menyediakan air baku 0,50 meter kubik per detik, dan juga menghasilkan tenaga listrik 3,3 megawatt,” terang Presiden.

Berdasarkan laporan dari Pj. Gubernur Kalsel Safrizal ZA, saat banjir melanda Kalsel beberapa waktu lalu keberadaan Kabupaten Tapin adalah salah satu Kabupaten yang paling kecil mendapat efek banjirnya.

“Tadi Pak Gub juga menyampaikan bahwa karena adanya Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa dikurangi sangat drastis sekali, hanya kecil sekali daerah yang terkena banjir karena Kabupaten Tapin memiliki bendungan ini,” ujar Presiden. (Red)