0 3 min 7 tahun

INAPOS, Babel – Kabupaten Belitung Timur (Beltim) mendapat kesempatan menjadi tuan rumah bagi peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) II yang diselenggarakan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Selama dua hari kedepan, peserta Diklatpim akan bertemu langsung dengan masyarakat dan tinggal di rumah penduduk.

 

Dari sebanyak 18 peserta Diklatpim, mereka akan disebar di dua Desa yakni Desa Buding dan Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit. Rinciannya, 8 orang di Desa Buding dan tujuh orang di Desa Cendil. Adapun latar belakang peserta Diklatpim adalah pejabat eselon II dan III di beberapa instansi Kementrian, lembaga negara dan Pemerintah daerah.

 

Sebelum diterjunkan di Desa, para peserta Diklatpim berkesempatan bertemu dengan Wakil Bupati Beltim Burhanudin dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Beltim. Selain ramah tamah, pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam di ruangan rapat Bupati Beltim tersebut juga membahas profil daerah, pembangunan daerah hingga potensi.

 

“Ini kan kunjungan dari pejabat eselon II, eselon III yang sedang mengikuti Sespimnas di Lembaga Administrasi Negara. Locus mereka dalam mencari dan membuat kertas kerja mereka menjadikan Belitung dan Belitung Timur sebagai tempat kegiatan,” ujar Wabup Burhanudin seusai ramah tamah, Selasa (5/9) kemarin.

 

Kehadiran peserta Diklatpim merupakan bagian tugas praktek lapangan sebagai implementasi teori di kelas.

 

“Mereka mengambil Desa Buding dan Cendil dalam rangka mencari bagian dari praktek kerja ke implementasi pendidikan ke daerah. Kalau dulu kan ke luar negeri, nah sekarang dibalik mereka harus ke Desa-Desa dan menginap,” jelas Wabup.

 

Sebagai mantan PNS yang pernah mengikuti Diklatpim, Wabup menjelaskan bahwa kehadiran peserta Diklatpim ke daerah juga bertujuan mencari inovasi dalam rangka pengembangan pembangunan.

 

“Mencari inovasi dalam rangka pengembangan pembangunan. Pemkab Beltim menyambut positif karena mereka (peserta, red) dari berbagai institusi. Ini sangat berdampak langsung ke masyarakat karena bertemu pejabat-pejabat nasional dan sharing informasi,” sebut Wabup.

 

Selain ramah tamah, peserta Diklatpim juga berkesempatan mengunjungi galeri di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim. Mereka disuguhi dengan potensi wisata Beltim, adat istiadat khas Beltim dan hal menarik lainnya.

 

Selepas itu, mereka langsung diberangkatkan menuju Desa Buding dan Cendil untuk memulai tugas aplikasi lapangan.