Dihadapan Ribuan Mahasiswa, Dandim 0503/JB Jelaskan Pentingnya Bela Negara

0
116

Jakarta.- Komandan Kodim (Dandim) 0503/JB, Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, S. Sos memberikan pembekalan wawasan kebangsaan bela negara di Kampus Universitas Esa Unggul Jakarta Barat, Selasa (27/08/2019).

Adapun mahasiswa baru yang mengikuti pembekalan sebanyak 1.750, yang terdiri dari Fakultas Desain Industri Kreatif (FDIK), Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu kesehatan (FIKES),
Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), Fakultas Fisio Terapi, Fakultas Tehnik serta Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP).

Dalam paparannya, Dandim 0503/JB menyampaikan, bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Mengapa negara perlu di bela, amanat UUD RI 1945 Pasal 27 ayat 3 menyebut setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara dan Pasal 30 ayat 1, tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha Pertahanan Keamanan Negara (Hankamneg),” pungkas Dandim.

Mahasiswa terdiri dari dua suku kata, Maha yang berarti besar, dan Siswa yang berarti orang yang belajar. Dan diartikan, pelajar dengan derajat paling tinggi dibandingkan pelajar-pelajar lainnya.

“Ada tiga prinsip Bela Negara yaitu menjaga kedaulatan Negara, menjaga keutuhan wilayah dan menjaga keselamatan Bangsa”, tegas Letkol Valian.

Dandim mengatakan, gerakan mahasiswa berbasis wirausaha adalah untuk percepatan mengatasi masalah ekonomi dan kesenjangan sosial.

Mulailah dengan perhatian, tenggang rasa, serta kepedulian kepada orang lain. Melakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan oleh mereka.
Belajar mulai dari ucapan maaf dan terima kasih.

“Jaga ke Indonesiaan kita.
Pertahankan nilai-nilai yang fundamental dan yang terbaik dari bangsa kita. Ideologi pancasila yang kokoh, kebhinekaan, ekosistem demokrasi, kepercayaan pada diri sendiri, gotong royong dan kemanusiaan,” tutur Dandim 0503/JB.

Dandim pun mengadakan tanya jawab kepada dua mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Fikom tentang tanggapan mengenai vidio yang telah ditontonkan kepada para mahasiswa baru Universitas Esa Unggul.

Giat Pembekalan wawasan kebangsaan Bela negara di hadiri oleh Pasi intel Kodim 0503/JB, Lettu Inf Sriyanto, Idris (Biro kemahasiswaan), Barika (Biro Kemahasiswaan) serta 1.750 mahasiswa baru. (Elwan)


Komentar Anda?