Diduga Konsultan Paket 39 Restui Kurangi Volume Pekerjaan

0
325

 

Inapos Bekasi – Diduga mendapatkan dukungan dari salah satu konsultan pelaksana, berserta pengawas kegiatan dalam pelaksanaan pekerjaan proyek pembangunan, Jalan Batas Kota Bekasi – Pangkalan Babelan Paket 38 dan Paket 39 yang dianggarkan dari APBD Kabupaten Bekasi.

Kontraktor pelaksana kegiatan lagi-lagi kurangi volume dalam jumlah besar, dari volume ketebalan beton hingga volume pembesian, hingga berani tidak menghunakan pembesian Tiebar sepanjang pekerjaan, yang ditaksir lebih dari 200 meter panjang pekerjaan.

Seperti yang diketahui pada pekerjaan Paket 39 Jalan Batas Kota Bekasi – Pangkalan Babelan, jelas terlihat ketebalan beton tidak mencapai 25cm. Pembesian yang seharusnya digunakan pada sisi bagian tengah badan jalan seperti tiebar tidak digunakan.

Hal itu pula dikatakan sejumlah warga yang melihat tehknis pekerjaan, yang ketebalannya tidak mencapai 25cm. Sementara diketahui pada paket pekerjaan yang lainnya ketebalan mencapai 25cm.

 

Terlihat ketebalan beton yang tidak mencapai 25cm saat diukur menggunakan alat ukur meteran.

“Aneh kok ketebalan betonnya tidak sama seperti paket pekerjaan yang lain, bahkan masih menyisakan dari ketinggian papan bekisting,”ujar Sutikno (42) warga Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.

Dikatakan Sutikno, dalam pelaksanaan pekerjaan saat ini, kami tidak melihat adanya konsultan dan pengawas di areal lokasi pekerjaan, seharusnya pekerjaan yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi, harus mendapatkan pengawasan dari pihak terkait.

“Namun dari beberapa paket yang dikerjakan saat ini, kami melihat banyak terjadi pembiayaran dalam pengawasan pekerjaan,”tungkasnya.

Menanggapi hal itu, salah satu konsultan yang diketahui bertugas mengawasi pekerjaan pada paket 39 dan paket 38 Jalan Batas Kota Bekasi – Pangkalan Babelan, Nano ketika dihubungi inapos.com mengaku sedang berada di warung ayu.

Bahkan ketika ditanyakan inapos.com mengapa pekerjaan paket 39 yang dikerjakan saat ini, ketebalan betonnya tidak memenuhi papan bekisting/menyisakan ketebalan papan bekisting, Nano mengaku tidak tahu bahkan pembesian pada sisi bagian tengah badan jalan seperti tiebar tidak dipasang Nano terkesan tidak tahu.

“Wah memangnya sudah turun lagi betonnya bang, saya gak tau itu ketebalannya tidak mencapai 25cm, besi tiebarnya juga saya belum lihat, saya lagi di deket lokasi bang di warung ayu, ya sudah saya ke lokasi deh,”kelit Nano salah satu konsultan pelaksana kegiatan.

Hingga pekerjaan selesai dilakukan Nano tidak kunjung datang ke lokasi pekerjaan, bahkan beberapa kali dihubungi melalui telfoun selulernya, dirinya tidak menjawab.

Inapos.com pun mencoba menghubungi Pejabat Pelaksana Tehknis Kegiatan (PPTK) pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Hendra Iswahyudi. Namun beberapa kali dihubungi melalui telfoun selulernya tidak aktif. (Nof)