Diduga, Dana Desa Karang Anyar Dimanipulasi

0
1243

INAPOS, KABUPATEN CIREBON. – Bantuan Dana Desa yang digelontorkan pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur desa tahun anggaran 2017, diduga sebagai ajang permainan yang mengakibatkan kerugian negara oleh salah satu desa yang ada di kabupaten Cirebon.

Salah satu contohnya adalah pembangunan pagar kantor Desa Karang Anyar, Kecamatan Karang Wareng, Kabupaten Cirebon yang menelan anggaran biaya Rp. 102.000.000.- diduga menimbulkan kerugian uang negara (tindak pidana korupsi).

Menurut salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, pembangunan pagar kantor desa tersebut dinilai pengerjaannya tidak sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan desa tersebut (mark up). Dan terlebih pembangunan pagar kantor desa tersebut dilaksanakan sebelum Dana Desa tersebut turun dan telah dikondisikan pihak ketiga (kontraktor).

Ketika dikonfirmasi sekertaris Desa Karang Anyar Dodi mengungkapkan, memang benar pembangunan pagar kantor desa tersebut dilaksanakan sebelum anggaran turun, ia juga menambahkan bahwasannya dalam pembahasan itu tidak dikasih tembusan atau laporan akan dimulainya pembangunan tersebut.

Ketika ditanya terkait masalah penunjukkan kontraktor tersebut dia menjawab bahwa dirinya tidak mengetahui. “Itu kita tidak tahu mas”, jawabnya.

Menurutnya, pembangunan pagar tersebut telah sesuai. “Soal pembangunan pagar kantor desa tersebut kita sudah ada hitungan dan RABnya pun ada, kalaupun itu habisnya berapa saya tidak tahu persis”, papar Dodi.

Sampai berita ini diturunkan, Kepala Desa Karanganyar saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya tidak memberi jawaban. (Kris)