Diduga, Ada Mark Up Pembuatan Plang Proyek

0
1456

INAPOS, KABUPATEN BEKASI – Diduga sudah menyalahi aturan dalam tehknis pekerjaan yang ditentukan dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB), anggaran pembuatan serta pemasangan Plang papan nama kegiatan sebesar Rp. 559.611.09 dipertanyakan.

Anggaran pemasangan plang papan nama kegiatan yang ditentukan dalam harga satuan, yang besaran harga hingga mencapai lebih dari 500 Ribu Rupiah, dinilai tidak masuk dalam logika.

Pasalnya, plang papan nama kegiatan yang terbuat dari bahan spanduk berukuran 1 meter tersebut, diketahui nilainya sangatlah fantastik.

Seperti yang dikatakan Sekertaris Lembaga Independen Anti Rasuah (LIAR) Fery Astoni kepada Inapos, Rabu (6/10/2019), menjelaskan kalau anggaran pembuatan dan pemasangan plang papan nama kegiatan tahun 2019 saat ini. Nilainya sangatlah tidak masuk logika.

“Sangat mahal sekali Plang papan nama kegiatan yang terbuat dari bahan spanduk berukuran 1 meter tersebut, harga satuannya mencapai Rp.559.611.09,” ujar Fery.

Fery yang melihat kejanggalan pada harga satuan tersebut tidaklah masuk dalam akal logika, karna setelah dilakukan kroscek di beberapa percetakan, harga membuat spanduk yang berukuran 1 meter x 1 meter tidak lebih dari Rp. 70.000.

“Saya sudah kroscek ke beberapa percetakan yang ada di Bekasi, spanduk dengan ukuran 1 meter x 1 meter harganya tidak lebih dari Rp70.000 kok ini harga satuannya mencapai Rp559.611.09,”Kata Fery.

Fery menegaskan, ini ada indikasi permainan dalam penentuan harga satuan pembuatan atau pemasangan plang papan nama kegiatan, selain ada kejanggalan dalam penentuan harga. Plang yang seharusnya dipasang di setiap kegiatan, namun pada kenyataannya plang tersebut banyak yang tidak terpasang.

Mengetahui hal tersebut, Inapos pun mencoba menelusuri ke beberapa percetakan yang ada di Bekasi Jawa Barat, salah satunya percetakan di jalan Ir. Haji Juanda Kelurahan Marga Jaya Kota Bekasi.

Pemilik percetakan menjelaskan kalau harga membuat spanduk berwarna dengan ukuran 1 meter x 1 meter seharga Rp. 50.000.

“Spanduk ukuran 1 meter x 1 meter sesuai permintaan, hanya seharga Rp50.000 untuk per satuannya,”ujar Mardi (36) salah satu pemilik percetakan.

Inapos pun mencoba menghubungi dan ingin mempertanyakan terkait anggaran pembuatan plang papan nama kegiatan, salah satu Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Dinas DPRKPP Kabupaten Bekasi, Nur Wahyi.

Melalui pesan singkat WhatsApp Nur Wahyi menjawab, salah alamat. Bahkan dirinya langsung memblokir nomor wartawan. (Fal)