INAPOS, BUTUR – Tim satgas covid-19 Kabupaten Buton Utara mencatat 23 kasus Kematian akibat covid-19 yang tersebar di enam kecamatan.

Juru bicara (Jubir) covid-19 Buton Utara menyampaikan, data sebaran kasus kematian terbanyak akibat covid-19 berada di wilayah Kecamatan Kulisusu sebanyak 10 orang. Kemudian diwilayah Kecamatan Kulisusu Utara 8 orang. Kecamatan Kulisusu Barat dan Wakorumba Utara masing-masing 1 Orang. Kecamatan Bonegunu hingga saat ini belum ada kasus kematian  sementara di Kecamatan Kambowa tercatat 2 0rang yang meninggal akibat covid-19.

Peta Sebaran Covid-19 Buton Utara

Selain itu, satgas  percepatan penanganan pemutusan mata rantai covid-19 Kabupaten Buton Utara kembali mencatat dua penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19. Kedua pasien tersebut tercatat satu dari wilayah kerja puskesmas kulisusu dan satu lagi dari wilayah kerja puskesmas Labaraga Kecamatan Wakorumba Utara.

Jubir Satgas covid-19 Buton Utara dr Muhammad Ali Badar mengatakan bertambahnya dua pasien itu maka total jumlah orang yang terinfeksi virus Corona di  Buton Utara hingga kini mencapai 309 orang.

Sedangkan, lanjut dia, untuk pasien yang telah dinyatakan sembuh dari covid-19 berjumlah 221 orang setelah terdapat 25 orang yang selesai isolasi hari ini.“Kemudian untuk kasus kematian akibat covid-19 yang tersebar di enam kecamatan sampai dengan hari ini sudah mencapai 23 orang,”jelasnya, Rabu, Maret 2022.

Data Perkembangan Kasus Covid-19 di Buton Utara

Ia pun menyebutkan bahwa hingga saat ini tim satgas belum mendapatkan kasus probable. Sementara yang masih dalam pengawasan dan perawatan tim medis berjumlah 65 orang,”katanya.

Pemerintah daerah melalui jubir covid-19 meminta kepada masyarakat agar lebih memperhatikan protokol kesehatan (Prokes). Walaupun kasus terkonfirmasi positif dan kematian akibat covid-19 di Butur menurun.

Ali mengatakan, bahwa kesadaran masyarakat menjadi kunci menyukseskan penanganan dan pemutusan mata rantai covid-19. Selain itu masyarakat diminta kesadarannya untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 sangatlah dibutuhkan.

“Saat ini kita telah melakukan beragam upaya untuk mempercepat dan menambah cakupan vaksinasi COVID-19 di Buton Utara,”saat ditemui awak media diruang kerjanya.