Dengarkan Aspirasi Warga, Pemdes Sungai Duri Akan Bersihkan Parit Pasar Somban

0
211

BENGKAYANG.- Menanggapi aspirasi dan usulan warga terkait pembersihan parit Pasar Somban yang kondisinya sudah sangat tercemar. Pemdes Sungai Duri bergerak cepat untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di sepanjang aliran parit.

Kades Sungai Duri Rezza Herlambang mengatakan, setelah disepakati dalam Forum Musyawarah Perubahan APBDes 2021, Pemdes Sungai Duri bersama petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup(LH) Kabupaten Bengkayang turun langsung meninjau lokasi
parit pasar somban untuk
melaksanakan survey lapangan.

“Hal ini dilakukan untuk mengetahui volume pekerjaan yang akan direncanakan,” ujarnya, Sabtu (20/3/21)

Rezza menjelaskan, parit Pasar Somban yang direncanakan untuk dibersihkan diperkirakan 500 meter dan lokasi ini sangat mendesak untuk segera dibersihkan.

“Kita optimis mampu membersihkan parit dari sampah untuk melancarkan aliran air,” terangnya.

Lanjut Rezza, Pelaksanaan kegiatan pembersihan ditargetkan akan dilaksanakan pertengahan tahun ini. Selain itu pihaknya akan memasang baliho spanduk himbauan dan larangan membuang sampah dan tidak lupa kita akan menyepakati peraturan desa bersama BPD.

“Tentunya langkah itu harus diimbangi juga dengan memperkuat sistim persampahan mulai dari sarana prasarana hingga armada dan petugas,” jelasnya.

Disamping itu Pemdes akan memperluas jangkauan pelayanan angkutan sampah dan kita optimis akan mampu meningkatkan persentase volume sampah yang bisa tertangani dari sebelumnya 20-25% menjadi 60-70% ditahun ini.

“Pemdes Sungai Duri sangat mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah Bengkayang terutama dalam pengadaan lokasi TPA dan pembangunan TPS 3R yang disegerakan di bangun,” urainya.

Sementara itu, Ketua RT.007 RW.002 Akiu bersama warga sangat respon terhadap kegiatan dan mendukung penuh rencana pembersihan disepanjang lokasi parit somban ini.

“Kami akan berupaya secara swadaya untuk menjaga parit somban dari sampah setelah pembersihan dilaksanakan. Setelah dibersihkan jangan sampai sampah kembali memenuhi parit somban lagi,” pungkasnya. (Yulizar)