Demi Menciptakan ASN Bertalenta, LAN Gelar Sekolah Kader

0
135

Jakarta.- Plt Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN Lembaga Administrasi Negara (LAN), Erfi Muthmainah mengatakan, LAN menggelar uji publik sekolah kader untuk aparatur sipil negara (ASN). Program ini untuk menciptakan ASN bertalenta agar naik jabatan lebih cepat.
 
“Sekolah kader merupakan sistem pengembangan kompetensi yang bertujuan menyiapkan pejabat administrator melalui percepatan peningkatan jabatan,” ucapnya, di Kantor LAN, Jakarta Pusat, Rabu (15/10/2019).
 
Dikatakannya, sekolah kader ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN. LAN merupakan lembaga yang berwenang melakukan pengkajian, pendidikan, dan pelatihan ASN sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015, serta menyiapkan sejumlah materi untuk bahan kebijakan sekolah kader. 

Bahan kebijakan disusun dalam bentuk naskah akademik. Naskah akademik ini akan disahkan melalui Peraturan Presiden dan Peraturan LAN tentang Sekolah Kader. “Naskah akademik ini dihasilkan melalui kajian literatur, focus group discussion dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal LAN, termasuk KemenpanRB dan BKN,” ungkapnya.
 
LAN melakukan proses benchmarking dengan sejumlah negara dalam menyusun naskah akademik, seperti Prancis, Korea, Inggris, dan Tiongkok. Benchmarking juga dilakukan dengan sejumlah perusahaan swasta yang memiliki program percepatan kenaikan jabatan karyawan, seperti CitiBank, Coca Cola Amitil Indonesia, Astra International, dan Unilever.
 
Dalam uji publik ini, LAN menghadirkan narasumber dari sejumlah instansi, di antaranya KemenpanRB, Bappenas, BKN, Kemenkeu, dan Setneg. (Elwan)


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here