DAS Sungai Manggar Dibabat TI Rajuk Hingga Telan Korban

0
218

INAPOS, Babel – Sejak beberapa bulan terakhir aktifitas pembabatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Manggar kian marak. Pembabatan DAS oleh penambangan TI rajuk menjadi perhatian publik usai berujung dengan menelan korban jiwa.

Korban Dedek (21) yang merupakan warga Dusun Gunung Desa Lalang Jaya Kecamatan Manggar Kabupaten Beltim, meninggal tenggelam setelah mereman (sambang) timah di ponton TI Rajuk pada Rabu (10/6/2020).

Dari informasi dilapangan, kejadian berawal pada Rabu (10/6/2020) sore, ketika korban dan 2 temannya mereman  di TI rajuk DAS Manggar.

Menurut para penambang yang berada di lokasi, setelah mendapatkan Timah hasil sambang, mereka bertiga meninggalkan ponton dengan berenang. Korban berenang sambil membawa timah.

“Entah mengapa, setibanya didarat, namun korban belum juga sampai. Hingga dilakukan pencarian. Namun korban tidak kunjung ditemukan,” ucap pria bertubuh kekar yang tidak mau menyebutkan namanya, saat ditemui inapos.com di lokasi kejadian.

Pencarian kata dia dilakukan hingga malam, tanpa melaporkan ke kepolisian. Namun akhirnya karena korban tak kunjung ditemukan, pihak keluarga melaporkan ke Polsek Manggar.

“Tadi pagi, baru keluarge korban ngelapor ke kepolisian. Aku datang kesini pagi tau-tau la ramai Polisi/TNI, Basarnas dan BPBD,” ungkapnya.

Sekitar pukul 09.45 WIB Korban ditemukan oleh tim Basarnas Belitung.  Dan dilakukan evakuasi ke kamar jenazah RSUD Beltim, guna identifikasi penyebab kematian korban.

Dari kejadian tersebut, anehnya kenapa selama ini DAS Sungai Manggar dibabat namun tidak ada tindakan.

 

Laporan wartawan : IMR/KD