Daripada Bicara 3 Periode Jokowi, Pigai : Mari Kita Monitor Hal-Hal Yang Substansial Aja

0
115

INAPOS.COM – Ada hal-hal yang lebih substansial dikawal publik di pemerintahan Presiden Jokowi di periode keduanya saat ini dibanding sibuk meributkan presiden tiga periode.

Demikian disampaikan aktivis kemanusiaan Natalius Pigai merespons riuhnya isu penambahan masa jabatan Presiden RI hingga tiga periode.

“Mari kita monitor hal-hal substansial sebelum bicara 3 periode,” kata Natalius Pigai, dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Selasa (16/3/2021).

Publik, lanjut Pigai, patut mengawal kebijakan-kebijakan presiden Jokowi yang berjalan di tahun keduanya bersama Wakil Presiden Maruf Amin.

Salah satu yang disoroti Pigai adalah janji menuntaskan angka kemiskinan ekstrem di Tanah Air yang sebelumnya diucapkan presiden.

“Tahun 2020 Pak Jokowi pernah sampaikan janji kepada Tuhan dan rakyat Indonesia bahwa kemiskinan (0%) nol persen di tahun 2024,” pintanya.

Berdasarkan Survei Ekonomi Nasional Badan Pusat Statistik (BPS) per September 2020, persentase penduduk miskin 10,19 persen atau sebanyak 27,55 juta orang.

Sedangkan menurut data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), jumlah warga sangat miskin (ekstrim) masih berada di kisaran angka 2,5 persen hingga 3 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. (er)