Danlanud S Sukani Pimpin Upacara HUT TNI AU Ke- 73

0
534

MAJALENGKA.- Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Lanud S. Sukani peringati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-73 dengan secara sederhana, di lapangan Apel Mako Lanud S. Sukani, Selasa (9/4).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Lanud S. Sukani, Letkol Penerbang (Pnb) Arnold F. Sitorus, diikuti seluruh personel Militer dan PNS Lanud S. Sukani.

Tema HUT ke-73 tahun 2019 yaitu “Berlandaskan Jiwa Profesional, Militan, Inovatif dan Kemanunggalan Bersama Rakyat, siap melakasanakan tugas Matra Udara dalam Mendukung Tugas Pokok TNI” hal ini sebagai manifestasi kemanunggalan TNI Angkatan Udara bersama rakyat.

Pelaksanaan upacara kali ini merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan Lanud Sugiri Sukani diantaranya Fun Bike, Donor Darah, Karya Bakti, Doa Bersama dan Ziarah di TMP Sawala Kab Majalengka.

Dalam memperingati HUT TNI AU kali ini, seluruh jajaran melaksanakan dengan sangat sederhana terkait bertepatan dengan pesta rakyat berupa Pemilihan Umum.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang dibacakan Danlanud S. Sukani dijelaskan, peringatan HUT ke-73 tahun 2019 yang digelar serentak di seluruh Indonesia, dilaksanakan secara sederhana dengan konsep pesta rakyat.

“Yakni sebagai manifestasi kemanunggalan TNI AU dengan rakyat yang melambangkan TNI AU lahir dari rakyat dan berjuang bersama rakyat serta hasilnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat,” kata Kasau.

Kasau menjelaskan, kesederhanaan peringatan HUT tahun ini ditandai dengan beberapa rangkaian kegiatan yang seluruhnya berorientasi kepada rakyat.

Pada bagian lain amanatnya, Kasau mengajak seluruh prajurit TNI AU di manapun berada untuk bisa mendedikasikan tenaga dan pikiran demi kemajuan bangsa, negara dan TNI AU.

“Jangan menunggu untuk menjadi sosok yang hebat atau memiliki jabatan tinggi demi mewujudkan jati diri sebagai prajurit TNI AU yang hebat. Teruslah berbuat yang terbaik untuk Ibu Pertiwi, rakyat dan TNI AU,” imbau Kasau.

Terkait perhelatan Pemilu 2019, Kasau mengimbau seluruh prajurit dan PNS TNI AU agar dapat menjaga soliditas dan sinergitas, baik diinternal TNI AU, maupun kepada matra lainnya, termasuk kepada Polri dan aparatur pemerintahan.

“Seluruh personil TNI AU harus memegang teguh komitmen netralitas dalam Pemilu 2019. Terus tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam berperilaku di masyarakat. Jangan mudah terprovokasi atau melakukan tindakan yang mencoreng nama baik TNI AU dan satuan,” tegas Kasau.

Kasau juga mendorong seluruh Prajurit TNI AU untuk terus menggali keteladanan diri pribadi, semangat pantang menyerah dan berupaya maksimal untuk tampil sebagai pelopor dalam membela dan memperjuangkan kedaulatan NKRI.

Turut hadir sebagai tamu undangan diantaranya Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 6/D l Lanud S. Sukani Ibu Yuliana Sitorus, Ketua PPAU Jatiwangi H Nurjaed, GM BIJB Kertajati diwakili Restu Mulyadi, Ka Bandara Cakrabhuana Cirebon diwakili Edi, Perwakilan PT. Shoetown Ligung Indonesia, Camat Ligung Drs. Maman Komarudin, Camat Jatiwangi diwakili Kasi Trantib Toto Suparto, Camat Dawuan Sidartha, AP, MP, Danramil Ligung Kapten Inf Sugito, Danramil Jatiwangi Kapten Arh Winarno, Danramil Dawuan Kapten Cba Suhardi, Kapolsek Ligung Akp Toto Sumarto, Kapolsek Jatiwangi Kompol Asep Fiqih, SH., MH, Kapolsek Dawuan Akp Mohadi SH, Perwakilan Kuwu/Kepala Desa sekitar Lanud S. Sukani, Pengurus PIA Ardhya Garini, Anggota PPAU Jatiwangi. (Kris)


Komentar Anda?