Dandim 0503/JB: Ini Ekspresi Perasaan Kami Untuk Papua

0
593

Jakarta.- Menyikapi kondisi negara Indonesia yang sedang menghadapi persoalan besar terutama disintegrasi bangsa di Papua, seluruh komponen wilayah Jakarta Barat menggelar budaya Papua dengan tema ‘Papua adalah Kita Bersatu Merajut Indonesia’, di pelataran lapangan Museum Fatahilah, Jakarta Barat, Jumat (6/9/2019).

Dalam acara tersebut masyarakat Papua berbaur dengan masyarakat berbagai unsur elemen, serta para anggota TNI-Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat, kegiatan yang bertujuan menyerukan perdamaian ditanah Papua.

Lagu daerah asal Papua Sajojo dan Apuse meramaikan Taman Museum Fatahillah Kota Tua dalam acara Papua adalah kita. Tokoh Papua yang hadir diantaranya Staf Khusus Presiden untuk Papua yang juga Ketua Masyarakat Adat Tanah Papua Lenis Kogoya, Mantan Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy. Juga tak ketinggalan hiburan dari artis asal Bumi Cendrawasih Edo Kondologit, Finalis Puteri Indonesia asal Papua Barat, dan Nobo Idol.

Dandim 0503/Jakarta Barat, Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi. S, Sos dalam sambutannya mengatakan, “meskipun Indonesia memiliki beragam perbedaan, tapi dengan perbedaan itu dapat menjadi kekuatan yang besar jika bersatu, ini merupakan ekspresi dari perasaan kami seluruh anggota TNI-Polri dan mungkin seluruh masyarakat Indonesia,” kata Valian.

Aksi solidaritas yang di awali dengan tarian khas Papua ini pun mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat daerah timur Indonesia itu.

Tari Sajojo dan tari Yospan yang di peragakan oleh beberapa penari ini pun membuat beberapa masyarakat, TNI-Polri dan jajaran Pemerintah Kota Jakarta Barat yang hadir ikut gembira.

Suasana semakin meriah ditambah beberapa anggota polisi Polres Metro Jakarta Barat, dan Kodim 0503 serta beberapa jajaran Pemerintah kota Jakarta Barat mengenakan beberapa aksesoris khas Papua.

Tak ingin ketinggalan moment bersejarah itu, kehadiran mereka yang nampak berbeda ini pun, membuat beberapa masyarakat yang hadir, turut memanfaatkan moment itu dengan mengabadikanya melalui ponsel mereka.

Mereka merasa terpukau atas aksi ini karena dianggap menjadi salah satu aksi yang nyata dalam merajut kembali persatuan dan kesatuan.

Tak sampai di situ saja, 34 perwakilan dari seluruh Provinsi Indonesia yang mengenakan baju adat Provinsi masing-masing pun turut serta membacakan ikrar bersama untuk keutuhan NKRI.

Bahkan persembahan khusus dari Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi yakni membacakan sebuah puisi mengenai keindahan Papua dan keanekaragaman hayatinya, dimana semua itu adalah satu Indonesia.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi menyampaikan rasa terima kasihnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

Rustam Effendi menganggap kegiatan ini adalah salah satu bentuk rasa persatuan Indonesia terhadap Papua.

“Kita persembahkan kawan kita di Papua, kita ingin menjalin persahabatan sebaik-baiknya,” kata Rustam.

Acara ini semakin khidmat dengan digelarnya api unggun yang diiringi dengan beberapa lagu Papua, tarian dan puisi damai yang membuat suasana semakin meriah. (Elwan)