Inapos.com Jakarta Utara – Guna mengenang dan memperingati jasa-jasa para Pahlawan Revolusi yang telah gugur dalam mempertahankan Ideologi Pancasila dari penghianatan dan kekejaman gerakan G 30 S/PKI pada tahun 1965, Kodim 0502/JU gelar Upacara Kesaktian Pancasila bertempat di Lapangan Makodim 0502/JU Jl. Yos Sudarso Kel. Sungai Bambu Kec. Tg. Priok Jakarta Utara, Sabtu (01/10/22).

Dalam upacara tersebut bertidak selaku Inspektur Upacara Komandan Kodim 0502/Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang PhD, FHEA, dan dihadiri oleh Kasdim, para Danramil, para Pasi dan anggota Kodim 0502/JU.

Usai pelaksanaan upacara, Komandan Kodim 0502/Kolonel Inf Frega Wenas Inkiriwang PhD, FHEA, mengatakan, kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan momentum untuk memperingati dan mengenang kembali peristiwa kelam yang pernah terjadi pada tahun 1965 silam, yang mana bangsa Indonesia telah mengalami peristiwa pahit yaitu gerakan Penghianatan terhadap Pancasila yang lebih sering dikenal dengan nama gerakan G 30 S/PKI.

‚ÄúPada tanggal 30 September 1965 yang lalu, Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menganut paham komunis dan tidak mengakui adanya Ketuhanan Yang Maha Esa, bermaksud ingin merongrong Ideologi Negara kita Pancasila dan ingin menguasi Pemerintahan Indonesia dengan menculik dan membunuh ketujuh Jenderal TNI-AD yang lebih kita kenal dengan nama Tujuh Pahlawan Revolusi,” ujar Frega.

Dengan tema hari Kesaktian Pancasila tahun ini “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”, kita harus berpegang teguh dan berpedoman kepada ideologi Pancasila dalam setiap aspek kehidupan,” ungkapnya.(Red)