Curah Hujan Tinggi, Beberapa Sungai di Bengkayang Meluap

0
164

BENGKAYANG.- Intensitas curah hujan sangat tinggi mengakibatkan meluapnya beberapa sungai di beberapa kecamatan di Kabupaten Bengkayang.

Adapun luapan sungai babang, sungai kumba, sungai ledo.Banjir pun terjadi dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Bengkayang-Kalbar diantaranya Kecamatan Jagoi, Siding, Seluas, Sangau Ledo, Ledo dan Suti Semarang.

Salah satu warga Jagoi Sejati Ilham mengatakan, banjir merendam pemukiman warga sejak Kamis 14 Januari 2021 lalu,” saat ini banjir masih merendam rumah warga.

“Banjir kali ini sangat parah. Ratusan pemukiman penduduk terendam air,” ujar Ilham kepada inapos, Ahad (17/1/21).

Masih kata Ilham, dengan dampak skala luas melanda banjir kali ini prekonomian masyarakat lumpuh total. Ilham mengharapkan kepada pemerintah baik daerah, provinsi maupun pusat untuk segara mengambil langkah konkrit untuk mengatasi banjir tersebut.

“Kami minta Pj. Bupati Bengkayang ,Gubenur Kalbar dan Presiden RI untuk segera mengambil langkah konkrit dalam mengatasi banjir di Kabupaten Bengkayang,” pintanya.

Ia berharap, cuaca ekstrim ini bisa segera berlalu. “Mudah – mudahan hari ini tidak hujan lagi. Nampak nya luapan air sungai mulai turun,” pungkasnya.

Informasi tentang kerugian akibat banjir tersebut belum diterima redaksi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Bengkayang. (Yulizar)