Semarang, Inapos.com – Citra Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, telah tercoreng gegara ulah Ketum Relawan Ganjarist, Eko Kuntadhi, yang menghina Ustadzah Ponpes Lirboyo, Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz.

Dikutip dari kantor berita politik RMOL terkait kejadian ini, Direktur Pusat Riset Politik, Hukum dan Kebijakan Indonesia (PRPHKI), Saiful Anam, ulah Eko tersebut telah merusak citra Ganjar di mata para kiai dan tokoh-tokoh Nahdatul Ulama (NU) di Indonesia.

“Sudah saatnya Eko tobat dan introspeksi diri sehingga tidak melakukannya lagi, apalagi ini sudah menyangkut keluarga besar NU dan tokoh-tokoh besar yang ada di dalamnya,” ujar Saiful, Senin (19/9/2022).

“Kader dan simpatisan NU di seluruh Indonesia merasa kecewa dengan pernyataan Eko yang menghina putri Kiai Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Apalagi kata-kata yang bersangkutan seringkali menyinggung umat Islam yang sebagian besar merupakan agama yang dianut oleh mayoritas rakyat Indonesia,” lanjut Akademisi Universitas Sahid Jakarta ini.

Dengan peristiwa itu, Ganjar pun akhirnya turun tangan menanggapi tetapi apa yang dilakukannya tidak memberikan kembali kepercayaan kepada orang-orang NU, yang cenderung akhirnya memberikan persepsi buruk bagi dirinya. (red*)