Cegah Tanggul Jebol, Pemuda Pancasila Pasang Cerucuk dan Urug Tanggul Kali Bekasi

0
96

BEKASI.- Sebagai upaya mengantisipasi banjir di wilayah Desa Babelan Kota yang disebabkan luapan Kali Bekasi, Organisasi Kemasyarakatan Pengurus Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Babelan bersama Pemerintah Desa Babelan Kota melakukan kerja bakti, Minggu (13/12/2020).

Ketua PAC Pemuda Pancasila Babelan, Irwansyah mengatakan, kerja bakti kali ini dilakukan karena tanggul Kali Bekasi sering kali tidak mampu menahan debit air saat musim penghujan. Terlebih, ketika mengaliri derasnya air dari Wilayah Bogor.

“Hampir setiap musim penghujan, tanggul Kali Bekasi longsor akibat debit air yang melebihi kapasitas. Khususnya pada tanggul yang berada di Kampung Pondok RT 020/RW 001, Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan,” ujar pria yang kerap disapa Bang Adhoy.

Sebab itu, lanjutnya, Jajaran PAC Pemuda Pancasila Babelan melakukan tindakan antisipasi sementara dengan memasang cerucuk bambu, serta penambalan menggunakan karung diisi tanah lalu disusun pada bagian tanggul yang rawan longsor.

Ia berharap Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera menganggarkan pembangunan turap pancang tanggul Kali Bekasi.

“Giat ini merupakan salah satu wujud yang sebenarnya dalam sebuah organisasi kemasyarakatan, dimana kita harus mau meluangkan baik waktu, tenaga, pikiran bahkan materi untuk kemaslahatan bersama dalam sosial. Semoga hal ini juga menjadi contoh kepada masyarakat agar semakin peduli terhadap lingkungan,” ungkapnya.

“Terimakasih kepada jajaran Pemerintah Desa Babelan Kota, dan warga yang turut membantu giat ini,” tukasnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Babelan Kota, Saidih, Pemuda Pancasila memasang cerucuk bambu di tanggul Kali Bekasi yang selalu abrasi. Mudah – mudahan bisa mengurangi pengikisan tanah jika ada banjir kiriman. Juga menguruk lokasi yang longsor dengan tanah yang dimasukan dalam karung dan ditumpuk atau disusun.

“Terima kasih kepada Ormas Pemuda Pancasila Kecamatan Babelan, semoga giat hari ini bermanfaat buat masyarakat banyak. Pancasila Abadi,” pungkasnya. (Fery)